Sekilas Info

PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR

Spesialis Curanmor dari Jayapura, Ditangkap Tim Buru Sergap Satreskrim Polresta Ambon Saat Beraksi di Desa Suli

ilustrasi penjara

satumalukuID- FW, mungkin merasa hebat setelah aksinya kerap berhasil dan mampu lolos dari kejaran polisi di Wilayah Jayapura Selatan, Distrik Entrop, Papua. Berhasil di Jayapura, pemuda Desa Suli ini diduga mencoba peruntungan di Ambon. Sayang, kehebatannya itu hanya mampu bertahan sepekan. Dia berhasil dibekuk dan dijerumuskan ke dalam penjara.

FW ditangkap tim buru sergap (Buser) Satreskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Setelah beraksi Kamis (5/3/2020) lalu, Dia kemudian digrebek di kawasan tempat tinggalnya, Kawasan Camp Pengungsi Banda, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (12/3/2020).

Pelaku yang merupakan spesialis pencurian sepeda motor (Curanmor) ini disergap setelah berhasil melarikan motor milik siswa di area parkir SMA Negeri 2 Suli, Kecamatan Salahutu. Berdasarkan Laporan Polisi, Nomor: LP/261/III/2020/Maluku/Resta Ambon tanggal 12 Maret 2020, pelarian FW yang kerap lolos dari Jayapura, berakhir di Ambon.

“Kasus ini dilaporkan oleh korban Wa Ana. Dia mengaku motor itu hilang saat anaknya MFA memakainya untuk pergi ke sekolah pada 5 Maret 2020 lalu,” ungkap Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Iptu Julkisno Kaisupy kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Berangkat ke sekolah, motor Honda New Beat ESP CBS dengan nomor polisi DE 3774 NE, keluaran tahun pembuatan 2017 ini diparkir area parkir atau tepatnya berada di belakang sekolah tersebut. Usai jam sekolah berakhir atau sekira pukul 12.00 WIT, putranya itu kemudian keluar kelas.

“Karena telah selesai ujian dan pergi ke belakang sekolah, anak korban melihat arah tempat parkir tadi, namun motor tersebut sudah tidak ada atau hilang. Kemudian saksi bersama-temannya mencari di sekitar sekolah dan sekeliling Desa Suli tidak ditemukan,” ujarnya.

Diduga telah menjadi korban pencurian, kasus tersebut dibawa ke ranah hukum. Usut punya usut, pelaku berhasil terendus. Dia akhirnya disergap dan digelandang oleh tim Buser dan Polsek Baguala (Unit Lapangan) menuju Markas Polresta Pulau Ambon di Kota Ambon.

“Dari hasil interogasi, pelaku mengakui perbuatannya. Dia mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di Wilkum Polresta Pulau Ambon. Saat masih tinggal di Papua tepatnya di Wilayah Jayapura Selatan Distrik Entrop, pelaku sering terlibat dalam aksi pencurian, kemudian melarikan diri ke Ambon,” ungkap juru bicara Polresta Ambon ini.

Saat ini, tambah mantan Kapolsek Teluk Ambon tersebut, pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman kurungan badan di atas 5 tahun penjara.

“Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 2 saksi dan pelaku ditetapkan sebagai tersangka. Dia saat ini sudah di tahan di rumah tahanan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease di Kota Ambon,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!