Sekilas Info

ANTISIPASI CORONA

Kapolda Maluku Pimpin Pembersihan Lingkungan di Pura dan Hindu Center Ambon, Brimob Semprot Cairan Disenfektan Cegah Corona

satumalukuID- Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, kembali memimpin kegiatan pembersihan lingkungan di Pura Siwa Stana Giri dan Hindu Center, Kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Minggu (15/3/2020).

Bhakti sosial yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Dieses 2019 (Covid-19) ini melibatkan ratusan personel. Salah satunya tim Kimia, Biologi dan Radioaktif (KBR), Detasemen Gegana, Brimob Polda Maluku.

Tim ahli milik Polri ini menyemprotkan cairan Disenfektan di sekitar lokasi tempat peribadatan umat Hindu tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Biasanya rekan-rekan dari TNI Polri siap membersihkan. Kita tidak menjadikan target, yang penting dibutuhkan kami siap (lakukan pembersihan),” ungkap orang nomor 1 Polda Maluku ini kepada wartawan.

Menurutnya, aksi bersih lingkungan tak hanya dilakukan Polda Maluku, tapi telah diinstruksikan kepada seluruh jajaran Polda Maluku hingga ke setiap Polsek atau wilayah Kecamatan.

“Tujuannya untuk memberikan contoh bahwa kalau kita membersihkan sampah di lingkungan kita maka masyarakat tidak susah untuk di atur. Kalau kita sudah bisa jadi panutan, masyarakat pasti dengan mudah mengikutinya,” ujarnya.

Baharudin menyampaikan, aksi bersih lingkungan akan dilaksanakan setiap minggu atau sesuai kebutuhan.
“Kalau ada kegiatan-kegiatan lain bisa mundur 2 minggu sekali. Yang jelas setiap bulan ada kegiatan pembersihan ini,” katanya.
Kebersihan lingkungan, lanjut Baharudin, selain untuk mencegah berbagai penyakit seperti Corona Virus yang kini sangat berbahaya, juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan iman.

"Jadi disamping mencegah isu Corona ini kita sambil sehat, lingkungan kita bersih, dan tentunya penyakit akan jauh dari kita. Dan tentu meningkatkan iman kita. Kebersihan kan sebagian dari pada iman,” jelasnya.

Untuk menangkal berbagai penyakit, terutama Corona, Jenderal Dua Bintang ini menghimbau masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan banyak berolahraga.

“Karena salah satu tujuan pencegahan penyebaran virus Corona adalah dari kekebalan tubuh dan itu pola hidup sehat," pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!