Sekilas Info

RAZIA MIRAS TRADISIONAL

Polsek KPYS Ambon Sita Sopi di Atas KM. Cantika Lestari yang Datang dari Pelabuhan Damer, Moa, Letti dan Kisar

Foto: satumalukuID/Humas Polresta Pulau Ambon Aparat Polsek KPYS menggelar razia saat kapal dari Kabupaten Maluku Barat Daya bersandar di Pelabuhan Slamet Riyadi, Kota Ambon.

satumalukuID- Aparat Polsek KPYS Ambon, kembali menyita minuman keras (miras) tradisional berjenis sopi. Miras asal Maluku ini dibawa melalui KM Cantika Lestari 10 C. Kapal itu datang dari Pelabuhan Damer, Moa, Letti dan Kisar, di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Sebanyak 69 liter minuman berkadar alkohol tinggi ini ditemukan setelah aparat Polsek KPYS menggelar razia saat kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Slamet Riyadi, Kota Ambon.

"Kami temukan Kamis kemarin (12/3/2020). Ada sebanyak 69 liter sopi yang diamankan," kata Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Iptu Julkisno Kaisupy kepada satumalukuID, Jumat (13/3/2020).

Kapal itu bersandar pukul 16.30 WIT. Saat kapal tambat, aparat Polsek KPYS langsung melakukan debarkasi penumpang dan barang bawaan.

"Tim melaksanakan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan barang bagasi untuk mengantisipasi adanyabarang ilegal maupun minuman keras," kata dia.

Razia tersebut, lanjut Kaisupy, merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Pemeriksaan berlangsung di tangga naik kapal dan ruangan-ruangan kamar ABK serta gudang tempat penitipan barang.

"Selama pemeriksaan ditemukan sopi yang dikemas dengan menggunakan jerigen 5 liter, dan plastik kemasan 5 liter dan botol Aqua ukuran 600 ml. Totalnya 50 liter," katanya.

Selain itu, tim juga mengamankan 19 liter minuman keras tradisonal itu dari tangan penumpang berinisial CT. Petani ini warga Hertuti Pulau-Pulau Babar, MBD.

"Selanjutnya barang bukti sopi diamankan ke Polsek KPYS," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!