Sekilas Info

PATROLI

Pimpin Apel di Lokasi Nyaris Bentrok Warga Taar dan Holat di Tual, Kapolda Maluku Minta Intensifkan Patroli Untuk Berikan Rasa Aman

satumalukuID- Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, meminta personel TNI dan Polri agar senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat. Salah satu cara adalah mengintesifkan patroli. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Sebab, TNI dan Polri berasal dari masyarakat.

Permintaan Jenderal Bintang Dua Polri ini disampaikan kepada anggota TNI dan Polri saat mempimpin apel di lokasi nyaris bentrok antara warga Desa Taar dan Holat, di Perempatan Kompleks Un Wartel, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Jumat (13/3/2020).

“Kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat itu sebuah kewajiban, karena kita berasal dari sana (masyarakat). Kita harus berikan rasa aman dan nyaman untuk mereka. Patroli akan kita intensifkan di seluruh wilayah ini,” kata Baharudin.

Apel dihadiri Dandrem 151/Binaiya, Karo Ops Polda Maluku, Kabid Humas, Dansat Brimob, Danlanal Tual, Dandim, Kapolres dan tokoh agama, adat, pemuda dan masyarakat dari kedua kelompok warga yang nyaris bentrok tersebut.

Di hadapan seluruh peserta dan 150 personil gabungan TNI dan Polri, orang nomor 1 Polda Maluku ini mengaku, penyelenggaran apel sengaja berlangsung di lokasi kejadian untuk menunjukan buat masyarakat tentang arti penting hidup aman, nyaman dan dalam suasana penuh kedamaian.

“Kita berikan penguatan-penguatan dan semangat kepada personil kita untuk melaksanakan tugas di lapangan. Ada sekitar 150 personil gabungan. Selain itu juga kita tunjukan buat masyarakat bahwa ada aparat keamanan yang selalu bersama mereka,” pintanya.

TNI dan Polri harus menunjukan kehadirannya di tengah masyarakat. Ini dilakukan agar jika terjadi sesuatu, maka langkah yang akan diambil oleh mereka adalah dengan melibatkan aparat keamanan. Olehnya itu, patroli harus lebih di tingkatkan, baik di Kota Tual, maupun di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Alhamdulillah pasca pertemuan semalam di kantor Wali Kota, situasi sudah sangat aman terkendali, masyarakat diperbatasan kedua desa juga sudah beraktivitas seperti sediakala, hanya saja personil masih kita tempatkan di lokasi ini (perempatan Un Wartel) dan patroli jalan sama biasa," ujarnya.

Mantan Karo Paminal Devisi Propam Polri ini kembali mengapresiasi langkah kedua masyarakat desa yang nyaris bentrok. Sebab, mereka mampu menahan diri sehingga bentrok yang nyaris pecah tersebut bisa diredam sehingga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat saat ini kondusif.

“Saya dan pak Dandrem serta seluruh unsur sangat mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas, kemudian kondisi keamanan daerah ini,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!