Sekilas Info

RESOLUSI KONFLIK

Sikap Warga Desa Taar dan Holat di Tual yang Mampu Kendalikan Amarah Saat Berhadap-hadapan Diapresiasi

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, mengaku salut kepada warga Desa Taar dan Holat, Kota Tual. Dua kampung yang nyaris bentrok ini mampu menahan amarah hingga konsentrasi massa dengan senjata tajam kemarin, mampu diredam.

Didampingi Komandan Korem 151/Binaiya, Kolonel Inf Hartono, Jenderal Bintang Dua itu memberikan apresiasi kepada dua warga saat tatap muka berlangsung di Aula kantor Walikota Tual, Kamis (12/3/2020).

Kedatangan orang nomor 1 Polda Maluku di Kota Tual tadi, bertujuan untuk mencairkan suasana ketegangan ke dua warga yang nyaris bentrok akibat kesalapahaman tersebut

"Saya dan pak Dandrem serta seluruh unsur yang ada di sini mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas," salut Baharudin.

Mantan Kapolda Sulawessi Barat ini mengaku, warga Taar dan Holat telah menunjukan sikap yang baik saat menghadapi masalah. Mereka mampu meredam ketegangan.

"Kita hadir di sini hanya untuk memberikan penguatan-penguatan sehingga masyarakat lebih sadar dan bijak dalam menyikapi berbagai persoalan, termasuk membantu menjaga maupun memelihara sitkamtibmas," jelasnya.

Jenderal Bintang Dua Polri ini meminta semua pihak tenang. Pihaknya akan mengusut tuntas motif dibalik persoalan yang mengakibatkan kedua kelompok masyarakat nyaris bentrok.

"Percayakan sama kami, Insha Allah jika itu ada perbuatan yang melawan hukum akan, kami ambil langkah dan upaya hukum sesuai mekanisme yang berlaku," tegas Kapolda.

Masyarakat juga diingatkan untuk tidak lagi terpancing dengan informasi atau isu yang sengaja dihembuskan oknum-oknum tak bertanggungjawab. Mereka hanya ingin mengacaukan keamanan dan ketertiban masyarakat ke dua warga desa yang telah lama hidup aman dan tentram.

"Jika terjadi sesuatu jangan main hakim sendiri, serahkan kepada aparat keamanan. Ada polisi, dan TNI," pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!