Sekilas Info

PENCURIAN

Empat Komplotan Spesialis Jambret yang Kerap Beroperasi di 12 Titik di Kota Ambon Berhasil Diringkus

satumalukuID- YH, LYP, AP dan YLB, empat pelaku pencurian yang disertai kekerasan alias jambret di Kota Ambon ini, akhirnya berhasil diringkus polisi.

Tim Buru Sergap (Buser) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, juga berhasil menangkap empat penadah hasil curian. Yaitu VS, CM, JP dan RW.

Komplotan spesialis jambret yang telah meresahkan masyarakat sejak tahun 2019 hingga 2020 itu kini telah mendekam di penjara. Mereka di tahan di rumah tahanan Polresta Pulau Ambon di Kota Ambon.

YH bertindak sebagai eksekutor utama, LYP dan AP adalah mata-mata untuk memantau situasi TKP dan YLB, orang yang menjual hasil pencurian kepada penadah tersebut.

Selama beroperasi sejak 2019 hingga diringkus pada Jumat (6/3/2020) sampai dengan Rabu (11/3/2020), empat pelaku ini kerap beraksi di 12 titik. Diantaranya, JMP, Latta, Passo Negri Lama, Tikungan Karpan Perumahan, Jalan depan KFC Wailela, Jalan sekitar Transit Passo (TKP ke-1), Desa Riang, Jalan depan Warung Poka, Jalan di sekitar Transit Passo (TKP ke-2), Rumatiga Samping Indomaret, Jalan Depan SD Wayame, dan Jalan di samping Ambon Plaza.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy, menjelaskan, empat pelaku pencurian dan empat penadah tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat menggunakan Pasal 365 dan Pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Aksi yang dilakukan empat pelaku tersebut jelas sangat meresahkan warga. Selain barang berharga para korban raib diambil, tak jarang mereka juga terluka atau merasakan sakit, karena dirampas dengan paksa.

“Tim Buser mulai bergerak setelah beberapa kali menerima laporan masyarakat atau korban ke Polresta Ambon. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan akhirnya berhasil mengungkap satu pelaku alias eksekutor utama,” ujarnya.

Hasil penyidikan, tim Buser berhasil mengantongi identitas satu tersangka berinisial YH. Lalu ditangkap pada Jumat (6/3/2020). Dari pengembangan lanjutan, mengarah kepada 8 tersangka lain. Satu sementara masih buron yaitu BP.

“Saat penggebrekan terhadap YH berhasil mengamankan barang bukti HP yang merupakan hasil kejahatan di TKP Passo. Tim selanjutnya melakukan pengembangan dan mendeteksi para pelaku lain dengan TKP sebanyak 12 titik," sebutnya.

Selain berhasil mengamankan sebanyak 6 buah Handphone (HP), tim penyidik juga berhasil mengamankan dua unit sepeda motor yang dipakai para pelaku dalam menjalankan aksi kejahatan tersebut.

“Saat ini para pelaku sudah kami amankan di rumah tahanan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease setelah ditetapkan sebagai tersangka,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!