Sekilas Info

KUNJUNGAN PAUS FRANSISKUS

Rencana Paus Fransiskus Berkunjung ke Jakarta dan Ambon Ditunda karena Dampak Virus Corona

Ist Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan jajaran pimpinan bersalaman dengan Paus Fransiskus usai menyampaikan dokumen GP Ansor Declaration on Humanitarian Islam, di Vatikan, beberapa waktu lalu.

satumalukuID – Informasi mengejutkan datang dari Vatikan, Rabu (11/3/2020). Duta Besar Republik Indonesia untuk Vatikan, A. Agus Sriyono memperoleh informasi dari Mgr. Mauricio Rueda Beltz selaku Kepala Urusan Perjalanan Luar Negeri Paus, bahwa rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yang sudah dijadwalkan berlangsung pada bulan September 2020 ditunda.

Media hidupkatolik.com, Rabu (11/3/2020), merilis KBRI Vatikan menginformasikan, bahwa KBRI terus melakukan koordinasi dengan otoritas Vatikan mengenai rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tahun depan.

Sementara itu, Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (Forkoma PMKRI) memaklumi penundaan kunjungan kenegaraan dan pastoral dari pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus ke Jakarta dan Ambon yang direncanakan pada September 2020.

Ketua Forkoma PMKRI Hermawi Franzizkus Taslim, menyebut kepastian penundaan kunjungan Paus Fransiskus juga sudah dikonfirmasi pada sumber di Roma, yakni Sekretaris Dewan Kepausan Bidang Dialog Antarumat Beragama, Padre Marco.

"Beliau (Padre Marco) membenarkan bahwa beliau baru saja bertemu Dubes RI untuk Vatikan Agustinus Sriyono yang memastikan kabar penundaan kunjungan Paus tersebut dan kami memaklumi hal tersebut," kata Taslim.

Taslim menduga penundaan tersebut berkaitan dengan virus corona (COVID-19) yang masif di Italia dan juga beberapa kasus di Indonesia khususnya Jakarta. "Hal ini pasti berdampak langsung dengan Vatikan yang berada di jantung kota Roma," ujarnya.

Menurut Taslim, Departemen Luar Negeri Vatikan biasanya menyusun agenda luar negeri Paus sejak awal tahun dan dengan penundaan ini jadwal Paus untuk ke Indonesia otomatis bergeser.

Taslim berharap penundaan ini tidak berlangsung dalam waktu terlalu lama. Dia optimistis dalam penyusunan agenda Paus ke depan, Indonesia pasti akan termasuk dalam daftar kunjungan karena Indonesia merupakan salah satu sahabat lama Vatikan yang memiliki pertalian diplomatik erat dari masa ke masa.

Hubungan diplomatik Indonesia-Vatikan telah berlangsung sejak awal kemerdekaan atas dasar pengertian yang mendalam dan saling menghormati diantara keduanya.

Sebelumnya Paus Fransiskus berencana melakukan kunjungan ke Indonesia pada September tahun ini. Selain Jakarta, Paus berencana mengunjungi Ambon, Maluku.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat membuka acara Amboina Farmers Market Festival di Ambon, Sabtu (15/2/2020) memastikan kunjungan Paus Fransiskus ke ibukota Negeri Maluku itu.

"Jadi 3 September Paus Fransiskus sudah tiba di Kota Ambon," kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy s

Menurut Walikota, pada tanggal 3 September sore, dijadwalkan Paus Fransiskus akan memimpin misa umat Katolik di Lapangan Merdeka, Ambon.

Namun, dengan adanya informasi terakhir maka rencana kunjungan ke Ambon dipastikan tertunda.

Baca Juga

error: Content is protected !!