Sekilas Info

SINERGITAS

Optimalisasi Pendaftaran dan Penanganan Masalah Tanah, PLN dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kota di Maluku Teken MoU

Foto: satumalukuID/PLN Maluku dan Maluku Utara

satumalukuID– PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) dan PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku menggelar penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku, Rabu (11/3/2020).

Perjanjian kerjasama di bidang pertanahan ini bertujuan untuk mewujudkan sinergi dan optimalisasi pendaftaran tanah, maupun penanganan masalah tanah. Juga pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, khususnya di sektor ketenagalistrikan.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Ambon ini menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara PLN dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN pada 12 November 2019, serta penandatanganan kerjasama antara PLN dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) se-Indonesia pada 27 November 2019 lalu.

Melalui rilisnya yang diterima satumalukuID menyebutkan, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku, Toto Sutantono, menyambut baik kegiatan itu.

BPN Maluku, lanjut Toto, siap membantu pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan PLN di Maluku. Termasuk menyangkut dengan inventarisasi maupun sertifikasi aset dari PLN.

"Hal ini juga menjadi dukungan terhadap program strategis nasional. Oleh karena itu apabila ada data atau informasi yang dibutuhkan agar segera dikomunikasikan kepada kami," pinta Toto.

Senada, General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra mengaku dalam mewujudkan program Maluku dan Maluku Utara Terang, tentunya tidak terlepas dari berbagai tantangan dan permasalahan. Salah satunya yaitu terkait dengan permasalahan tanah.

Olehnya itu, dengan adanya perjanjian kerjasama ini, diakui sangat membantu PLN dalam rangka pembangunan berbagai infrastruktur ketenagalisttikan di Provinsi Maluku. Seperti pembangunan pembangkit dan transmisi oleh UIP Maluku, ataupun program Listrik Desa (LISSA).

"Yang kami laksanakan dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari permasalahan tanah. Tentu perjanjian ini dapat membantu kami dalam menghadirkan listrik bagi masyarakat Maluku”, ujarnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!