Sekilas Info

AMBON KOTA MUSIK

Dua Kota Kreatif di Indonesia Ambon dan Bandung Jajaki Kerjasama Kota Kembar Bidang Musik

FOTO ANTARA/dok iLUSTRASI saat persiapan kegiatan musik mewarnai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-444 pada 7 September 2019 lalu.

satumalukuID - Dua kota kreatif di Indonesia versi Unesco yakni Ambon dan Bandung menjejaki menjajaki kerja sama menjadi kota kembar di bidang musik.

"Penjajakan kota kembar itu menindaklanjuti rekomendasi Konferensi Musik Indonesia  di Bandung tahun 2019," kata Wali kota Ambon Richard Louhenapessy, Selasa (11/3/2020).

Sebelumnya Unesco sudah menetapkan Bandung sebagai Kota Kreatif Berbasis Desain. Sedangkan Kota Ambon ditetapkan sebagai Kota Kreatif Berbasis Musik.

Kedua kota ini perlu menjalin kerja sama, misalnya jadi kota kembar untuk saling memajukan dan bertukar kreatifitas.

"Rekomendasi Konferensi Musik Indonesia segera kita tindaklanjuti sehingga ke depan dapat bekerja sama untuk memajukan kreativitas, " ujarnya.

Dikatakan Richard, Bandung memiliki infrastruktur dan sumber daya manusia yang luar biasa di bidang musik.

"Ambon juga memiliki SDM manusia dibidang musik, kenapa kita tidak belajar dan membangun kerjasama antar kota, karena itu kita akan bertemu wali kota Bandung untuk membicarakan hal ini, " katanya.

Ia menjelaskan, Ambon telah ditetapkan sebagai kota musik dunia versi Unesco, implementasi penetapan tersebut perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Penetapan Ambon sebagai kota musik dunia memberikan tantangan baru bagi pemerintah daerah, pemangku kepentingan, para pegiat komunitas musik, bahkan masyarakat untuk mengemban berbagai tanggung jawab baru.

Ia menyebut tanggung jawab dan pekerjaan semakin berat sejak penetapan UNESCO bagi Ambon sebagai kota kreatif dunia berbasis musik ke-31, kota musik kelima di Asia dan pertama di Asia Tenggara.

"Hal ini sekaligus juga membuktikan Ambon sebagai kota musik punya merek dan dipercayakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai kegiatan tingkat nasional," ujarnya.

Ia menambahkan, penjajakan ini diharapkan mendapat dukungan dan Pemkot Bandung sehingga penetapan Ambon sebagai kota musik dunia mendapat dukungan dari berbagi pihak.

Baca Juga

error: Content is protected !!