Sekilas Info

KASUS CURANMOR

Dari Operasi Dunia Maya, Satu Spesialis Pencurian Sepeda Motor di Seram Timur Ditangkap

Foto: satumalukuID/Humas Polres SBT

satumalukuID- SL, satu spesialis pencurian sepeda motor (curanmor) di Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), akhirnya ditangkap. Dia ditangkap setelah polisi setempat menggelar patroli cyber di dunia maya atau di media sosial Facebook.

Pemuda 21 tahun itu digrebek di Wailola, Kecamatan Bula, SBT. Dari tangannya polisi mengamankan dua unit sepeda motor hasil curian. Sementara 1 unit lagi telah di kirim ke Ambon.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar mengatakan, SL disergap pada Selasa (10/3/2020) pukul 10.00 WIT. Saat ini, dia telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerumuskan ke dalam rumah tahanan Polres SBT.

Menurut Andre, dua unit motor yang diamankan yakni Honda Beat Hitam DE 3739 NN milik IRT, dan Beat Hitam DE 3989 NA milik RK. Untuk Yamaha Mio GT DE 6224 BC milik MRUJ sedang dicari di Ambon.

Kasus tindak pidana curanmor itu, kata Andre, terungkap setelah Kasat Reskrim Iptu La Beli, melakukan patroli cyber melalui grup New Pilar pada media sosial Facebook, Senin (9/3/2020) sekira pukul 17.00 WIT.

"Saat itu Kasat Reskrim melihat akun berinisial DA sedang memposting salah satu motor Honda Beat warna hitam tanpa plat nomor polisi," kata Andre dalam konprensi pers di Markas Polres SBT, Bula, sore tadi.

Akun DA memposting status “kepada warga pilar yang berdomisi di wilayah Bula dan sekitarnya jika ada yang merasa kehilangan motor atau merasa motornya dipinjam dan belum dikembalikan agar menghubungi saya dengan membawa BPKP dan STNK.”

Melihat postingan itu, La Beli memerintahkan Unit Opsnal untuk melakukan penyelidikan terhadap pemilik akun. Ini untuk memastikan motor itu ada kaitannya dengan beberapa kejadian pencurian di Kota Bula.

Usut punya usut, tim menemukan si pemilik akun. DA kemudian dimintai keterangan sebagai saksi. Tim secara spesifik mengecek kendaraan. Hasilnya, bahwa benar motor tersebut adalah kendaraan yang dilaporkan hilang oleh pemiliknya berinisial IRT.

Motor yang diposting akun DA itu dicuri di Kampung Buton, Desa Administrasi Limumer pada 1 Maret 2020 sekira pukul 05.00 WIT lalu.

“Saksi pemilik akun (DA) mengaku orang yang membawa sepeda motor tersebut biasa dipanggil dengan nama sapaan SL dengan ciri-ciri yang telah digambarkan oleh saksi,” terangnya.

Berbekal ciri dan nama akrab pelaku, tim mengendap di Daerah Kampung Wailola. SL akhirnya diringkus tepat di samping kios ujung jembatan Wailola.

Saat digrebek, SL yang beraksi sendiri itu sedang membongkar salah satu motor menggunakan Obeng. Motor itu, juga ternyata hasil curanmor di Jalan Wailola, Minggu, 8 Maret 2020 sekira pukul 01.13 WIT.

"Motor itu milik RK. Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolres Seram Bagian Timur untuk proses penyidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Selain 2 barang bukti Ranmor, terdapat 1 unit Yamaha Mio GT DE 6224 BC yang dicuri juga di Jalan Wailola, Kampung Gorom, Kecamatan Bula, Rabu (4/2/2020) pukul 23.00 WIT lalu.

Pemilik motor yang dicuri tersebut adalah MRUJ. Kasus itu telah dilaporkan sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/13/II/2020/MALUKU/RES SBT tanggal 6 Februari 2020.

“Keberadaan motor itu saat ini di Ambon dan Tim Opsnal telah berangkat untuk mengambil barang bukti dimaksud,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!