Sekilas Info

BALAP LIAR

Selama Sepekan Polresta Pulau Ambon Jaring 27 Unit Sepeda Motor Balap Liar

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Sepeda Motor diamankan di Markas Polresta Pulau-Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kota Ambon, karena kedapatan balap liar.

satumalukuID- Aparat Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease gencar melaksanakan patroli balap liar di Kota Ambon. Empat kali sudah, patroli digelar sejak Sabtu (29/2/2020) lalu, dan berhasil menjaring sebanyak 27 unit sepeda motor.

Kepada satumalukuID, di Ambon, Senin (9/3/2020), Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Iptu Julkisno Kaisupy mengatakan, operasi rutin yang dilakukan setiap malam hingga dini hari ini, untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Balap liar, kata Julkisno, selain dapat membahayakan keselamatan diri sendiri, juga bisa menimpa pengguna jalan lainnya.

"Hari pertama kami mengamankan 9 unit motor. Hari ke dua 5 unit, hari ke tiga 11 unit, dan hari ke empat 2 motor. Jadi selama 1 minggu kami amankan 27 unit sepeda motor," kata Julkisno.

Puluhan motor yang ditilang, diamankan selama 1 bulan di lapangan apel Markas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease di Kota Ambon.

"Jadi selain bayar tilang, motor pelaku balap liar juga diamankan selama 1 bulan. Ini agar menjadi efek jera," tambah juru bicara Polresta Ambon ini.

Umumnya, lanjut mantan Kapolsek Teluk Ambon ini, pelaku balap liar yang ditilang melanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU-LLAJ).

Puluhan kendaraan yang diamankan tersebut melanggar pasal 287 ayat (5) tentang batas kecepatan maksimum, pasal 285 tentang tidak memiliki kaca spion, pasal 280 tentang tidak memiliki TNKB, pasal 281 tidak memiliki SIM, dan pasal 288 ayat (1) tentang tidak membawa STNK.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!