Sekilas Info

SIDANG JEMAAT GPM

Hadiri Sidang Jemaat GPM Sinar Kasih, Kapolda Harapkan Majelis Menuntun Anggota Polri Utamakan Mata Hati

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, kembali menghadiri sidang jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM). Pada kesempatan tersebut dia berharap majelis dapat menuntut setiap anggota Polri bekerja dengan mengutamakan mata hati.

Orang nomor 1 Polri di Maluku ini menghadiri sidang jemaat GPM Kategorial Polri Sinar Kasih ke-36. Persidangan berlangsung di Gereja Sinar Kasih, Kawasan Asrama Polri Perigi Lima, Markas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kota Ambon, Minggu (8/3/2020).

Baharudin menyampaikan, bahwa setiap perbuatan manusia yang dilakukan dalam bentuk apapun, khususnya anggota Polri, harus dimulai dari diri sendiri. Selain itu, semua tugas dan tanggungjawab yang diemban harus juga menggunakan hati nurani.

"Tugas pokok Polri antara lain penegakan hukum, harkamtibmas, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," tandas Baharudin di atas mimbar gereja Sinar Kasih.

Persidangan jemaat GPM Sinar Kasih yang dilakukan hari ini, kata dia, merupakan wujud dari panggilan iman personil Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan mendepankan mata hati. Ini semua dilakukan untuk mendapatkan petunjuk jalan yang benar dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Menurutnya, kerja dengan hati nurani akan mendekatkan pimpinan dengan anak buahnya. Tidak ada sekat di antara pemimpin dengan prajurit.

"Salah satu contoh, makan menggunakan satu piring bersama, maknanya memimpin adalah melayani. Dimana ciri orang beriman langsung praktek, kalau kita makan dengan istri harus kita menyuap istrinya sebagai bentuk saling mengasihi, dan saling mengingatkan untuk melaksanakan ibadah, karena sumber keimanan berasal dari diri sendiri," ungkap Jenderal Polisi yang hobi berdakwah tersebut.

Sebagai orang baru di tanah Maluku, mantan Kapolda Sulawesi Barat itu, selain memperkenalkan diri kepada seluruh jemaat Sinar Kasih, dia juga berharap, majelis ini mampu menuntun anggota Polri dalam setiap menjalankan tugas dan tanggungjwabnya dengan mengedepankan mata hati.

"Tugas di Maluku harus toleransi, harus bersahabat dengan semua orang, saya datang dan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh agama, pendeta imam, ustadz dan sebagainya, karena kerja harus ikhlas dan amanah serta senantiasa mengharap ridho dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya.

Jenderal Bintang Dua Polri ini meminta seluruh masyarakat khususnya jemaat GPM Sinar Kasih agar dapat bersama-sama menjaga serta memelihara stabilitas kamtibmas sebagai bentuk dari panggilan iman, “dan semua itu harus dimulai dari tempat-tempat ibadah.”

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!