Sekilas Info

KASUS KEBAKARAN

Dua Orang Luka Bakar, Belasan Bangunan dan Kios di Pasar Negeri Hitu Terbakar Jumat Dini Hari

Foto : Daniel Leonard Sedikitnya dua orang warga menderita luka bakar dan belasan bangunan serta kios usaha milik masyarakat di Desa Hitu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah ludes terbakar pada Jumat, (6/3/2020) dinihari sekitar pukul 04:30 WIT.

satumalukuID - Sedikitnya dua orang warga menderita luka bakar dan belasan bangunan serta kios usaha milik masyarakat di Negeri Hitu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah ludes terbakar pada Jumat (6/3/2020) dinihari sekitar pukul 04:30 WIT.

"Musibah kebakaran ini menghanguskan 14 bangunan dan kios milik warga di pasar Hitu yang letaknya di dalam kompleks pelabuhan," kata Kepala Sub Bagian Humas Polresta setempat, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Jumat.

Dua warga yang mengalami luka bakar adalah Jafar Sidik Ruhunusa (43) yang terluka bagian kaki kiri serta Abdurahman Waulath (43) yang terluka di bagian kaki dan tangan.

Polisi yang turun ke lokasi kejadian mendapatkan keterangan saksi Hamading Pelu bahwa sekitar pukul 04:30 WIT, dia beserta ketiga rekannya sedang memancing di pelabuhan Hitu tiba-tiba mereka melihat sumber api yang berasal dari Ruko milik Sagud Udri Johan.

Tiga orang saksi ini berupaya memadamkan nyala api, namun karena titik api berasal dari dalam Ruko dan membakar bangunan tersebut membuat mereka kewalahan.

Mereka kemudian berteriak meminta bantuan warga setempat namun upaya ini juga tidak membuahkan hasil sehingga nyala api merambah belasan bangunan dan kios.

Kejadian tersebut mengakibatkan korban kebakaran dan kerugian materil yang diperkirakan berjumlah ratusan juta rupiah.

Pada pukul 07:00 WIT, tiga unit mobil Pemadam Kebakaran Kota Ambon yang dikawal oleh satu regu Polisi Reaksi Cepat dipimpin Kepala Unit II SPKT Polresta Pulau Ambon, Ipda Boy Dethan tiba di lokasi kejadian dan langsung membantu melakukan tindakan pemadaman titik-titik api yang masih menyala.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 08:00 WIT dan para korban telah dirujuk ke Rumah Sakit Otto Quik Passo.

"Besar kerugian belum bisa dipastikan mengingat korban dan pemilik ruko masih dalam pendataan kerugian, sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi," jelas dia.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!