Sekilas Info

PILKADA 2020

Bawaslu Maluku Gelar Kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa

satumalukuID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku menggelar kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS), yang merupakan amanah dari Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) 18 tahun 2017, tentang proses penyelesaian sengketa pada proses Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) yang akan dilakukan pada empat kabupaten di Maluku.

"Sistem ini dilakukan agar seluruh peserta dapat memahami alur kerja dari sistem pelaporan secara online, dan juga bermanfaat bagi Bawaslu Provinsi, Bawaslu Republik Indonesia dan pihak-pihak yang melapor terkait dengan sengketa proses," jelas Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Abdullah Elly, saat membuka SIPS secara online, di Ambon, Selasa (3/2/2020).

Dia katakan, melalui SIPS kita dapat mengetahui sejauh mana proses penyelesaian dilakukan, melakui cara mengikuti perkembangan pada website resmi Bawaslu Provinsi Maluku.

"Bimtek ini dipandu oleh teman-teman yang telah memiliki kualifikasi secara online. Mereka akan dibimbing bagaimana tata cara untuk melaporkan dugaan administrasi yang berpeluang untuk disengketa," paparnya.

Peserta yang akan mengikuti bimtek, disebutnya, telah melalui tahapan yang ketat dan serius dari Bawaslu Republik Indonesia, dan dengan harapan dapat memberikan pengetahuan yang maksimal.

"Kami harapkan agar para peserta sekalian dalam waktu yang relatif singkat dapat melaporkan suatu dugaan pelanggaran yang terjadi secara cepat dan tepat," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor: Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!