Sekilas Info

KESEHATAN

RSUD Dr Haulussy Ambon Siapkan Ruang Isolasi Antisipasi Penanganan Pasien yang Terinfeksi Corona

Foto: ANTARA/HO RSUD Dr Haulussy menyiapkan ruang isolasi bagi pasien yang terinfeksi Covid-19 di Ambon.

satumalukuID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Haulussy Ambon Maluku menyiapkan ruang isolasi guna mengantisipasi Corona virus disease 2019 (Covid-19).

"Kita telah menyiapkan ruangan khusus untuk perawatan pasien suspect yang terdiri dari enam tempat tidur dan satu ruang khusus untuk pasien yang positif terinfeksi virus corona," kata Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUD Dr Haulussy Ambon, Iriani Sutiksno di Ambon, Selasa (3/3/2020).

Dikatakannya, RSUD Dr Haulussy juga merupakan RS rujukan bagi pasien yang terinfeksi Covid-19 di Provinsi Maluku.

Berbagai fasilitas telah disiapkan di ruangan isolasi seperti monitor ekg, ventilator, dan oksigen.

Ruang isolasi terdiri dari ruang untuk pasien suspect, pasien yang positif terjangkit virus, ruang perawat dan dokter serta kamar jenazah.

Sementara itu kata Iriani, alat pelindung diri juga disiapkan untuk melayani pasien yang teridiri dari baju proteksi atau baju pelindung antivirus, masker, sarung tangan, dan sepatu.

Saat ini RSUD Dr Haulussy memiliki 10 set alat pelindung diri.

"Jumlah ini dirasakan masih kurang, kita sementara melakukan pengadaan APD untuk ruang isolasi sebanyak 100 set, " ujarnya.

Pihak RS juga telah melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit Covid-19.

Simulasi yang dilakukan, pasien yang masuk ke RS melalui rujukan, langsung dibawa ke ruang isolasi.

Sementara pasien yang baru terindikasi virus, masuk melalui pemeriksaan di IGD selanjutnya dibawa melalui ruang tengah dan langsung ke ruang isolasi.

"Penanganan pasien terinfeksi corona tentu berbeda dari pasien lainnya, karena itu ruang isolasi kita siapkan, " kata Iriani.

Baca Juga

error: Content is protected !!