Sekilas Info

SINERGITAS TNI POLRI

Kapolda Maluku Mengaku Dibesarkan dengan Susu Shinta Jatah Prajurit TNI, Maka Sinergitas TNI – Polri Itu Mutlak

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharuddin Djafar, mengaku, dirinya dibesarkan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dia tumbuh besar dengan mengkonsumsi minuman susu jatah prajurit, yang kala itu dikenal dengan sebutan susu Shinta.

Demikian disampaikan orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku tersebut, saat menyambangi Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, Desa Halong, Kota Ambon. kedatangannya disambut Komandan Lantamal, Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, beserta seluruh jajarannya, Selasa (3/3/2020).

"Saya dibesarkan dengan susu TNI yakni susu Shinta. Itu susu pembagian kepada prajurit dan keluarga TNI di zaman M. Yusuf sebagai Menpangab. Saya dibesarkan dilingkungan TNI, jadi apapun alasannya sinergitas TNI/Polri di Maluku, mutlak dan tidak bisa dipecah belah dengan cara apa pun,” tegas dia.

Sinergitas TNI-Polri, lanjut Baharudin, harus terus dirawat, dipertahankan dan ditingkatkan. Sebab, soliditas dua angkatan bersenjata di Indonesia ini merupakan perintah Presiden RI Joko Widodo, maupun amanat Undang-Undang (UU).

"Sinergitas TNI Polri menjadi hal yang sangat penting dan sebuah kewajiban. Karena kemarin bapak Presiden telah menekankan, walaupun bumi ini digonjang-ganjing dalam situasi apapun, akan bisa diatasi jika TNI Polri bersinergi," kata Baharudin di Markas TNI AL tersebut.

Sementara itu, Komandan Lantamal Ambon, Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, menyampaikan terima kasih atas kunjungan mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut. Kunjungan yang dilakukan Baharudin, dianggap sebagai satu kehormatan dan bentuk sinergitas yang tidak bisa ditawar lagi.

Olehnya itu, orang nomor 1 TNI AL di Maluku ini menegaskan siap membantu dan membackup Polda Maluku, kapanpun jika dibutuhkan.
"Sinergitas TNI-Polri memang sudah berjalan sangat baik, bahkan Bapak Panglima TNI saat berkunjung ke Maluku, mereka bangga dan memuji sinergitas kita," ungkap Purwanto.

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989 ini menambahkan, saat rapat pimpinan TNI Polri beberapa waktu lalu di Jakarta, Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Asiz meminta seluruh jajaran TNI dan Polri di Indonesia, agar mencontohi sinergitas dan soliditas TNI Polri di Maluku.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!