Sekilas Info

UNBK

PLN Maluku Dukung UNBK di Pulau Kisar, Sekolah Diminta Sediakan Ganset Backup Listrik

Foto: satumalukuID/Embong Salampessy Ilustrasi peserta Ujian Nasional.

satumalukuID - Terkait masalah kelistrikan di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Manager Komunikasi PLN Maluku dan Malut Ramli Malawat mengaku, saat ini pihaknya memang sengaja menjalankan pola operasi yang tadinya 24 jam menjadi 12 jam.

"Ini dikarenakan terjadinya defisit Bahan Bakar Minyak (BBM). Defisit bukan berarti pemadaman total, tetapi pola operasi kita kurangi. Siang kita tidak operasi tapi malamnya kita operasi mengingat hambatan suplai BBM," ujar Ramli, kepada satumalukuID, di Ambon, Senin (2/3/2020).

Dia menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya defisit BBM karena masalah cuaca yang kurang bersahabat. Hal itu yang kemudian membuat Kapal pengangkut BBM tidak bisa sandar di dermaga pelabuhan setempat.

"Saat ini kapal sudah berada di Moa (Pulau Moa, MBD). Pengisian sementara berlangsung. Setelah pengisian di Moa kapal diusahakan merapat ke Kisar untuk lakukan pengisian. Karena jarak antara Moa dan Kisar itu dekat skali. Kurang lebih 30 menit sudah sampai," terangnya.

Meski begitu, dia menegaskan, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Malut, mendukung penuh pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020, di Pulau Kisar, Kabupaten MBD.

Walau mendukung penuh, tapi PLN juga meminta dukungan pihak sekolah. Sekolah diminta menyediakan ganset cadangan saat UNBK berlangsung. Penyediaan ganset cadangan dimaksudkan untuk mendukung sistem kelistrikan.

"Setiap sekolah diharapkan bisa menyiapkan ganset untuk membackup sistem, apabila terjadi gangguan, ganset bisa difungsikan untuk backup listrik saat UNBK berjalan," kata Ramli.

Dia katakan, saban tahun pihaknya kerap mendukung program nasional, salah satunya UNBK.

"Untuk UNBK saat ini kami belum dapat schedule dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi  Maluku. Tapi setiap tahun itu PLN selalu mendukung pelaksanaan UNBK," ungkapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!