Sekilas Info

UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

Pasokan Listrik Dihentikan, 9 Sekolah di Pulau Kisar Maluku Barat Daya Terancam Tak Bisa Gelar UNBK

satumalukuID - Sebanyak sembilan (9) sekolah di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), terancam tidak bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), lantaran pasokan listrik dihentikan pihak PLN setempat.

Kesembilan sekolah di Pulau Kisar yang tahun ini menyelenggarakan UNBK tersebut antara lain, SMP Negeri 1 Pulau-pulau Terselatan, SMP Kristen 2 Pulau-pulau Terselatan, SMP Negeri 4 Pulau-pulau Terselatan, SMP Negeri 6 Pulau-pulau Terselatan, SMP Negeri 8 Pulau-pulau Terselatan, SMK Negeri 1 MBD, SMK Negeri 2 MBD, dan SMA Negeri 4 MBD serta SMA Negeri 7 MBD.

Informasi yang didapat satumalukuID dari Samuel Jonathan Hooru, selaku pemerhati pendidikan di MBD, menyebutkan terancamnya UNBK di Pulau Kisar ini, terkait Surat Pemberitahuan Pemadaman Listrik dari pihak PLN Wonreli Pulau Kisar.

"Pada surat pemberitahuan itu disebutkan bahwa pemadaman dimulai Sabtu (29/2/2020), pada pukul 08.00 sampai 18.00 WIT, hingga waktu yang belum ditentukan, karena keterlambatan pasokan bahan bakar minyak (BBM) akibat pengaruh cuaca buruk," terangnya.

Samuel yang aktif juga di Gerakan Kisar Cerdas ini katakan, jika permasalahan penyediaan layanan jasa listrik oleh PLN Ranting Wonreli tersebut tidak segera tertangani, maka dia pastikan bahwa ratusan siswa pada jenjang pendidikan SMP, SMA/SMK Pulau Kisar akan terkendala, bahkan mungkin saja agenda nasional UNBK terancam tidak terlaksana di daerahnya.

"Padahal secara teknis, sarana prasarana, peserta UNBK dan SDM guru guna pelaksanaan UNBK dimaksud, telah dipersiapkan secara maksimal oleh pihak sekolah penyelenggara," terang mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pulau-pulau Terselatan atau sekarang sudah berubah sesuai nomenklatur baru sebagai SMA Negeri 7 MBD ini.

Merujuk pada jadwal pentahapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2019/2020 pada sekolah jenjang SMP, SMA/SMK, menurut Samuel, besok pagi Senin (2/3/2020), sudah tahap simulasi untuk SMP

"Minggu depan tahap simulasi untuk SMK. Lalu dua (2) minggu lagi simulasi untuk SMA. Sedangkan UNBK untuk SMK minggu ke-3 bulan Maret, SMA minggu ke-4 dan SMP itu minggu pertama bulan April," paparnya.

Lantaran itu, dia katakan, para pendidik di Pulau Kisar memohon kiranya ada perhatian serius dari semua pihak yang terkait permasalahan ini, untuk dapat mengambil langkah guna terselenggaranya kegiatan UNBK, sebagai suatu agenda nasional di bidang pendidikan khususnya di Pulau Kisar.

"Bagaimana pun kondisi dan tantangannya, tetapi masa depan generasi bangsa di pulau yang merupakan beranda depan NKRI ini harus tetap menjadi prioritas," harap Samuel.

Baca Juga

error: Content is protected !!