Sekilas Info

BANTUAN KORBAN GEMPA

Penyaluran Dana Stimulan Bantuan Bencana Bagi 1.631 Korban Gempa di Ambon Sementara Berproses

Ilustrasi anak-anak korban gempa di lokasi pengungsian.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memproses dana stimulan tahap pertama bantuan bagi korban bencana gempa bumi Ambon tahun 2019.

"Dana stimulan bantuan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah masuk ke bank dan sementara diproses ke rekening penerima bantuan," kata Sekretaris kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, Kamis (27/2/2020).

Sampai saat ini bantuan yang telah disalurkan kepada para korban melalui rekening penerima, baru sebatas dana tunggu hunian dan cash for work, selanjutnya akan diproses dana stimulan.

Bantuan bencana gempa bumi di Ambon sebanyak tiga tahap, yang pertama tanggal 26 September 2019, 10 Oktober 2019 dan yang ketiga 12 November 2019.

"Seluruh data telah diterima dari setiap desa, negeri serta Kelurahan, selanjutnya telah diverifikasi oleh tim teknis dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Perumahan, katanya.

Ia mengatakan sebelumnya dana yang telah disalurkan BNPB berupa Dana Tunggu Hunian (DTH) untuk rumah rusak berat sebesar Rp3 juta, Cash For Work (CFW) untuk rumah rusak berat, sedang dan ringan sebesar Rp250 ribu.

Rinciannya, dana tunggu hunian sebesar Rp3 juta diberikan kepada korban yang rumahnya mengalami rusak berat, dengan asumsi korban membayar uang sewa rumah atau kamar selama enam bulan selama proses penyelesaian rumah mereka yang rusak sehingga tidak tinggal di lokasi pengungsian.

Sementara untuk uang sebesar Rp250 ribu merupakan uang membersihkan puing atau CFW yang diberikan kepada semua korban dengan asumsi Rp50 ribu per hari selama lima hari, untuk membersihkan sisa puing dari kerusakan yang dialami setelah bencana gempa bumi.

Selanjutnya akan disalurkan dana stimulan rumah rusak dengan rincian rumah rusak berat sebesar Rp50 juta, rumah rusak sedang Rp25 juta, dan rumah rusak ringan Rp10 juta, kepada 1631 korban.

Sedangkan bantuan tahap kedua dan ketiga telah selesai diverifikasi dan telah diusulkan kepada BNPB,.

"KIta berharap dalam waktu dekat dananya sudah ada dan kita bisa meneruskan ke rekening masing-masing penerima bantuan," kata Anthony.*

Baca Juga

error: Content is protected !!