Sekilas Info

KASUS NARKOTIKA

Oknum Polisi Polda Maluku Pemilik Sabu yang Ditangkap di Kalimantan, Terancam Dipecat Tidak Hormat 

ilustrasi penjara

satumalukuID- Brigpol Mario Atihuta, oknum anggota polisi di jajaran Polda Maluku yang ditangkap bersama narkotika sabu-sabu seberat 524,5 gram di Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, terancam dipecat secara tidak terhormat.

Anggota Satuan Sabhara Polres Seram Bagian Timur (SBT) itu akan dipecat, jika terbukti bersalah secara pidana dan kode etik Polri. Saat ini, lelaki 34 tahun itu akan diproses hukum hingga tuntas di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

“Tidak mungkin itu (tersangka dikirim ke Ambon). Dia akan ditangani BNN sampai sidang di sana. Karena TKP di sana,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat, kepada satumalukuID melalui telepon genggamnya malam ini Jumat (28/2/2020).

Ohoirat mengaku, proses kode etik akan mulai dilakukan setelah pihaknya menerima putusan hukum di Tarakan. Pemeriksaan etik akan mengarah kepada pemecatan.

"Kalau kode etik di sini. Kita menunggu proses di sana. Arahnya ke pemecatan,” tandas dia.

Untuk diketahui, Brigpol Mario ditangkap setelah sempat kabur oleh petugas Avsec di Bandara Udara Juwata, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (27/2/2020) pukul 11.50 WITA.

Berhasil dibekuk, anggota berpangkat tiga ekor kuning ini kemudian diserahkan kepada penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Utara.

Mario kedapatan membawa narkotika golongan 1 bukan tanaman saat melintasi mesin Xray SCP II, Bandara Juwata.

Barang mematikan itu dicurigai tersimpan dalam tas Eiger milik pelaku. Oleh Rusdi S. Tombong, petugas Avsec, kemudian meminta Abdul Qohharal Luthfi mengambil tas tersebut.

Rudi kembali meminta Abdul mengambil bungkusan kacang. Dalam tas itu terdapat dua bungkusan kacang bermerk dua kelinci. Sementara bungkusan berisi sabu-sabu berada paling bawah.

Di saat itulah, pemuda kelahiran tahun 1985 ini langsung melarikan diri. Sayangnya pelarian Mario berakhir di lantai 1 bandara tersebut. Dia berhasil diringkus petugas Avsec

Mario ditangkap saat hendak terbang dengan pesawat Lion Air, nomor penerbangan JT 0675, menuju Bandara Sultan Hassanudin, Makassar, Sulawessi Selatan.

Selain sabu-sabu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 tas Eiger, ATM BNI dan Mandiri, HP Samsung, KTP, KTA Polda Maluku, dan uang tunai Rp 3.048.000.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!