Sekilas Info

MUSIK

Lagu Symphony Yang Indah, Anak Maluku dan Milenial Jaman Now

Penampilan Lyodra di ajang Indonesia Idol 2020

Empat puluh tahun lalu, tepatnya 1980, putra Maluku kelahiran Surabaya Bob Tutupoly berhasil memenangkan Festival Lagu Populer Indonesia ke-8.

Saat itu, lagu yang dinyanyikan Om Bob, begitu dia biasa disapa, adalah Symphony Yang Indah, ciptaan sesama musisi asal Maluku Robby Leatemia atau Robby Lea.

Sepanjang karir musik Om Bob, lagu ini identik dengan dirinya. Di setiap penampilan, selain lagu Widuri, belum lengkap bila Om Bob belum menyanyikan Symphony Yang Indah.

Lirik Symphony Yang Indah memang sangat puitis, menembus relung hati setiap orang yang mendengarkannya. Ada nuansa cinta, semangat, harapan, dan kedamaian hati.

Berpuluh tahun, Symphony Yang Indah menjadi bagian dari diri Om Bob. Dan tanpa disadari, lagu penuh makna ini melintas generasi dan tetap menjadi sebuah lagu bernilai tinggi.

Adalah Once Meikel, vokalis Dewa, pada tahun 2012 lalu, meremake kembali lagu ini. Lewat vocal Once yang mirip Sting, Symphony Yang Indah mendapat kemasan baru yang bisa diterima kalangan milenial. Apalagi, ada sentuhan aransemen Erwin Gutawa dan diiringi orkestra The City of Prague Philharmonic Orchestra yang memberi kesan megah pada lagu lawas ini.

Jadilah, Symphony Yang Indah kembali berjaya seperti era delapan puluhan. Semua orang merasa terhanyut mendengarkan lagu ciptaan Robby Lea tersebut.

Selepas Once Mikel, tembang manis Symphony Yang Indah dinyanyikan lagi oleh salah satu peserta Idol 2020, Lyodra.

Lyodra adalah milenial jaman now. Usianya baru 16 tahun dan telah menjadi grand finalis Indonesia Idol 2020. Saat Once meremark lagu ini, dia baru menginjak usia 8 tahun.

Sentuhan suara Lyodra membuat lagu Symphony Yang Indah semakin bernilai.  “Lagu ini awalnya, dibawakan Om Bob Tutupoly dengan stylenya yang khas. Kemudian diremake oleh Once Mekel yang suaranya rada rock. Dan ini remake ketiga yang sukses dinyanyikan oleh Lyodra,” kata mantan Vocalis Dewa 19 Ari Lasso saat menjadi Juri Indonesia Idol 2020.

Memang, Lyodra hanya baru sebatas menyanyikan lagu kepunyaan Om Bob dan Robby Lea ini di panggung spektakuler Idol 2020. Tapi tidak tertutup kemungkinan, penyanyi asal Karo, Sumatera Utara itu, merekamnya sebagai salah satu single andalan di industri musik Indonesia.

Setidaknya, akun youtube  Indonesia Idol memberi bukti sebanyak lebih dari 4 juta orang sudah memutar video Lyodra saat menyanyikan lagu tersebut, Belum termasuk jumlah penonton video reaction atas penampilan Lyodra.

Lagu Shymphony Yang Indah adalah sebuah kebanggaan, buah cipta dan hasil olah vocal putra-putra Maluku. Lagu ini tak lekang dimakan zaman karena memiliki lirik yang luar biasa menawan.

Industri musik Indonesia butuh sentuhan maestro-maestro muda yang menciptakan lagu dengan lirik berstandar tinggi. Robby Lea dan Bob Tutupoly sudah membuktikan anak-anak Maluku memiliki talenta luar biasa untuk menjadi maestro.

SYMPHONY YANG INDAH

Alun sebuah symphony
Kata hati disadari
Merasuk sukma kalbuku
Dalam hati ada satu
Manis lembut bisikanmu
Merdu lirih suaramu
Bagai pelita hidupku

Berkilauan bintang malam
Semilir angin pun sejuk
Seakan hidup mendatang
Dapat ku tempuh denganmu

Berpadunya dua insan
Symphony dan keindahan
Melahirkan kedamaian
Melahirkan kedamaian

Syair dan melodi
Kau bagai aroma penghapus pilu
Gelora di hati
Bak mentari kau sejukkan hatiku

Burung-burung pun bernyanyi
Bunga-bunga pun tersenyum
Melihat kau hibur hatiku
Hatiku mekar kembali
Terhibur symphony
Pasti hidupku 'kan bahagia

Penulis: NEVY HETHARIA, Diaspora Maluku

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!