Sekilas Info

ROTASI JABATAN

Dua Jabatan Direktur dan Tiga Kapolres Diganti, Kapolda Maluku Ingatkan Soal Keamanan, Pelayanan, KKN dan Pilkada

Foto: Humas Polda Maluku Kepala Kepolisian Daerah (Polda)  Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, memimpin upacara serah terima jabatan dua Direktur dan tiga Kapolres. Kegiatan berlangsung di Rupatama Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (27/2/2020).

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Polda)  Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, memimpin upacara serah terima jabatan dua Direktur dan tiga Kapolres. Kegiatan berlangsung di Rupatama Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (27/2/2020).

Jabatan yang diserah dan terima yaitu Direktur Kriminal Khusus (Krimsus) dan Lalu Lintas (Lantas) Polda Maluku. Juga tiga Kapolres yakni di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara Barat dan Maluku Tenggara.

Rotasi lima jabatan di jajaran Polda Maluku ini dilakukan berdasarkan keputusan Kapolri Nomor : KEP/229/II/2020 tanggal 3 Februari 2020, tentang pergeseran jabatan perwira tinggi dan perwira menengah Polri.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Maluku, kini dijabat Kombes Pol Eko Santoso yang sebelumnya bertugas di Bareskrim Polri. Dia menggantikan Kombes Pol. Firman Nainggolan, yang menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Mabes Polri.

Sementara untuk Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Maluku dijabat AKBP Rahmat, yang dulunya bertugas sebagai Irbid Operasional Itwasda Polda Metro Jaya. Dia menggantikan posisi Kombes Pol. Heru Trisasono yang dimutasikan ke Polda Sumatera Selatan sebagai Dirbinmas.

Selain dua Direktur Polda Maluku, pergantian jabatan juga terjadi pada Kapolres Maluku Tenggara yang kini dijabat AKBP Alfaris Pattiwael. Sebelumnya dia bertugas sebagai Kasubbagminwa Korpsmahasiswa Waketbinmiwa STIK Lemdiklat Polri. Pattiwael menggantikan AKBP Indra Fadhila Siregar yang menjabat Kasubbag Beklat Bagian Misi Perdamaian dan Kemanusiaan (Bagdamkeman) Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri.

Sedangkan Kapolres SBT dan Kapolres MTB hanya bertukar posisi saja. Kapolres SBT kini dijabat AKBP Andre Sukendar yang dulunya menjabat Kapolres MTB. Dia menggantikan AKBP Adolof Bormasa yang kini Kapolres MTB.

"Dengan adanya pelantikan pajabat baru, saya harap apa yang telah disumpah tadi mereka betul-betul laksanakan," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar kepada wartawan.

Dia berharap para pejabat baru dapat menjauh dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). KKN harus diberantas, dan itu sudah menjadi kewajiban dari setiap pejabat baru. Mereka juga disumpah agar tidak KKN.

"Agar seluruh pejabat dapat melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan oleh negara," ujarnya.

KKN, tambah Baharudin, menjadi hal yang penting untuk diperangi. Ini agar Kepolisian betul-betul bertugas dalam menjaga keamanan, melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Untuk Krimsus, semua kasus yang ditangani di masa yang lal, saya minta segera dituntaskan. Penuntasannya melihat apa yang telah didapatkan oleh masa pejabat lama. Maka pejabat baru dapat menuntaskan apa yang sudah masuk di meja mereka," katanya.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, orang nomor 1 Polri di Maluku ini mengaku telah memerintahkan 4 Kapolres pelaksana pesta demokrasi tersebut. Hal utama yang ditekankannya mengenai kenetralan.

"Tidak ada saya dengar ada Kapolres yang berpihak kepada para calon, yang akan ikuti pesta demokrasi ini," tegasnya.

Mantan Kapolda Sulawessi Barat ini meminta semua Kapolres untuk menyusun sistem pengamanan secara bertahap.

"Agar pilkada ini berlangsung aman damai, dan menghasilkan pemimpin daerah yang mampu mempertanggung jawabkan semua yang diamanatkan oleh rakyat kepadanya," tutup Baharudin.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!