Sekilas Info

BANTUAN KORBAN GEMPA

Dana Stimulan untuk Korban Gempa Kota Ambon Akan Dibagikan Sesuai Juknis BPBD Maluku

Foto: Ian Toisutta Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru saat memberikan keterangan kepada wartawan di Ambon.

satumalukuID- Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) telah menyalurkan dana bantuan stimulan untuk korban gempabumi di Kota Ambon. Dana ini belum dibagikan. Masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari BPBD Provinsi Maluku.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru kepada wartawan usai membuka Pelatihan Manajemen Kelompok Masyarakat Siaga Bencana, program Flood Management in Selected River Basin (FMSRB) tahun 2020, di Manise Hotel, Kota Ambon, Rabu (26/2/2020).

Latuheru menjelaskan, bantuan korban bencana gempa terdiri dari tiga tahap. Pertama peristiwa gempa 26 September, kemudian 10 Oktober dan ke tiga pada 12 November 2019.

Dari tiga guncangan gempa berdampak kerusakan itu, Latuheru mengaku berbagai data dari desa/negeri, kelurahan sudah masuk. Bahkan sudah diverifikasi tim teknis dari dinas PU dan Perumahan.

"Data-data itu juga sudah kita sampaikan tahap pertama kepada BNPB. BNPB juga sudah salurkan dana tahap pertama," tambahnya.

Dana tahap pertama yang telah disalurkan, lanjut Latuheru, terdiri dari case for word, dana tunggu hunian dan dana stimulan yang akan diberikan kepada masyarakat.

"Untuk yang rumahnya rusak berat, mendapatkan 50 juta, rusak sedang 25 juta dan rusak ringan 10 juta rupiah," kata dia.

Menurutnya, dana case for word dan tunggu hunian telah didistribusikan, atau disalurkan langsung melalui rekening masing-masing korban gempa.

"Sementara dana stimulan itu sampai hari ini belum bisa kita distribusikan, kita sambil menunggu petunjuk teknis dari BPBD Provinsi. Dana itu sudah masuk di bank. Kita lagi berproses masukan lagi ke mereka punya rekening masing-masing," jelasnya.

Latuheru mengaku jika dana tahap dua dan tiga, telah selesai. Pihaknya juga sudah mengusulkannya kepada BNPB.

"Kita berharap dalam waktu dekat dananya juga sudah masuk di bank dan kita bisa teruskan ke rekening masing masing," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!