satumalukuID - Ambon Music Office (AMO) kembali menyiapkan insentif pertunjukan musik bagi komunitas seni dan budaya yang telah dimulai sejak 2018 sebagai bentuk dukungan atas penetapan Ambon sebagi kota musik dunia.

"Pemberian insentif telah dimulai sejak tahun 2018, dan tahun ini kita fokus pada kolaboasi pertunjukan musik dengan kuliner atau inovasi kreatif lainnya," kata Direktur AMO Ronny Lopies, Selasa (25/2/2020).

Ia mengatakan, dengan insentif diberikan setiap bulan, komunitas dapat menyampaikan proposal untuk selanjutnya mempresentasikan proposal ke tim AMO guna dilakukan seleksi.

"Komunitas seni dapat memasukan proposal disertai presentasi untuk diseleksi tim, karena tim yang lolos seleksi akan dibantu pembiayaan sebesar Rp50 juta untuk membuat pertunjukan musik atau seni," timpal Ronny.

Syarat yang ditetapkan AMO yakni petunjukan bukan hanya musik tapi kolaborasi kuliner, talkshow, serta sektor lain seperti foto atau video. Yang penting pertunjukan musik harus mengkolaborasikan musik dengan bidang kreatif Unesco.

"Awal tahun ini kita akan siapkan tiga even dalam satu bulan, selanjutnya dilakukan seleksi setiap bulan," ujarnya.

Proposal dikirimkan paling lambat akhir Februari 2020 ke kantor AMO di Balai Kota Ambon dalam bentuk hardcopy, serta melampirkan rincian pertunjukan yang akan ditampilkan.