Sekilas Info

PELABUHAN PENYEBERANGAN

Setiap Air Pasang Pelabuhan Penyeberangan Hunimua di Pulau Ambon Selalu Tergenang, Ini Kata Kadis Perhubungan

Ian Toisutta Para penumpang menghindari genangan air saat turun dari Ferry.

satumalukuID - Dermaga penyeberangan Fery Hunimua yang berada di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, kerap tergenang jika terjadi air pasang.

Fenomena itu disebabkan gempa tektonik berkekuatan 6,8 SR pada Kamis (26/9/2019) lalu. Dermaga yang menghubungkan Pulau Ambon dan Pulau Seram ini mengalami penurunan sekitar 1 meter.

Lantas, kapan jembatan itu akan diperbaiki kembali, kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Ismail Usemahu, bakal dikoordinasikan dengan ASDP, selaku pengelola.

Selain itu, Usemahu mengaku telah menyampaikan kepada Kementerian Perhubungan terkait persoalan penurunan pelabuhan penyeberangan tersebut.

"Jadi nanti dibikin. Strukturnya kasih naik supaya saat air pasang tidak tergenang lagi," kata Usemahu kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (24/2/2020).

Anggaran perbaikan dermaga, kata Usemahu, bersumber dari Negara atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Tapi nominal perbaikan jembatan tersebut, lanjut dia, belum diketahui.

"Anggarannya belum ada. Selama ini anggarannya dari APBN. Tapi nominalnya belum (tahu) karena mereka (Kementerian Perhubungan) yang rencanakan," kata dia.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!