Sekilas Info

KEBAKARAN HUTAN

Satu Hektar Kebun Nenas dan Hutan Bambu di Lateri Ambon Terbakar

Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Lahan seluas 1 hektar berisi kebun nenas dan hutan bambu di kawasan Desa Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, terbakar, Senin (24/2/2020) sekira pukul 14.00 WIT.

satumalukuID- Lahan seluas kurang lebih 1 hektar yang di dalamnya terdapat kebun nenas dan hutan bambu di Desa Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, terbakar, Senin (24/2/2020) sekira pukul 14.00 WIT.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy menjelaskan, kebakaran tersebut diduga berawal dari pembakaran sampah oleh Out Nia Talaksoru.

Ibu rumah tangga yang merupakan warga RT 004 RW 003 kawasan Tempat Kejadian Perkara (TKP) ini, membakar sampah dedaunan sekira pukul 08.00 WIT.

“Selesai membakar sampah di sekitar Kali (sungai) tempat tinggalnya, saksi kembali masuk ke dalam rumah. Dan sekira pukul 13.15 WIT saksi kaget tanpa disadari akibat cuaca angin yang kencang api tersebut sudah menjalar dan melebar ke lahan kosong,” ujar Kaisupy.

Melihat api yang mulai menjalar sejauh kurang lebih 100 meter dari tempat tinggalnya, wanita 60 tahun itu kemudian memanggil ponakannya.

Saksi dan ponakan kemudian berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya. Namun, api tidak berhasil dijinakan dan semakin meluas.

Tak berselang lama, insiden kebakaran ini kemudian didengar petugas dinas pemadam kebakaran Kota Ambon dan aparat kepolisian. Sebanyak 3 unit mobil damkar dikerahkan ke TKP sekira pukul 15.00 WIT.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.15 WIT. Peristiwa itu menyebabkan kebun nenas, dan hutan bambu milik warga terbakar,” pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!