Sekilas Info

UJIAN ADVOKAT

PC Peradi Ambon Gelar Ujian Profesi Advokat 2020 di Kampus PGSD – FKIP Unpatti Ambon

Foto: Ist Ketua PC Peradi Kota Ambon Fahri Bachmid berfoto bersama Panitia Ujian Profesi Advokat (PUPA) 2020 dan perwakilan peserta.

satumalukuID - Pengurus Cabang (PC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Ambon, Sabtu (22/2/2020), menggelar Ujian Profesi Advokat di Aula A Kampus PGSD - FKIP Universitas Pattimura Ambon. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan secara nasional dan serentak pada 37 kota di Indonesia.

Pelaksanaan Ujian Profesi Advokat yang dilakukan oleh DPC Peradi Ambon diikuti 24 peserta. Ujian secara resmi dimulai pada pukul 11.00 WIT dan berakhir pada pukul 15.30 WIT dengan total soal pilihan ganda sebanyak 120 dan esai pembuatan draft Surat Kuasa dan pembuatan dokumen Surat Gugatan.

Ketua DPC Peradi Kota Ambon Dr Fachri Bachmid SH, MH menjelaskan Peradi melalui Dewan Pimpinan Nasional nya yang diketuai Prof Dr H. Yusuf Hasibuan SH, MH bersama Panitia Ujian Profesi Advokat (PUPA) 2020 PERADI, Sabtu 22 Februari 2020, secara nasional sebanyak 4.844 orang yang mengikuti ujian tersebut,

"Secara nasional dan ini adalah ujian Profesi Advokat oleh DPN PERADI yang ke-21," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan Ujian Profesi Advokat berdasarkan amanat dari ketentuan pasal 3 ayat (1) huruf f Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat yang menegaskan bahwa “Untuk dapat diangkat menjadi Advokat, harus memenuhi persyaratan diantaranya Lulus Ujian yang diadakan oleh organisasi advokat".

Peradi sebagai satu-satunya organisasi Advokat yang diberi wewenang konstitusional untuk melaksanakan ujian, dan melihat dari jumlah dan angka peserta yang mengikuti ujian sehingga dapat dipastikan bahwa tingkat ekspektasi masyarakat terhadap PERADI sangat luar biasa.
Pasalnya, karena selama ini pelaksanaan ujian Profesi Advokat Peradi dilakukan dengan standar mutu yang tinggi, passing grade sebesar 7 dengan prinsip “zerro KKN” karena itulah kekuatan Peradi selama ini dalam rangka penciptaan calon advokat yang handal, profesional dan berintegritas.

Fahri mengungkapkan, sebagai Ketua DPC Peradi Ambon, dirinya sangat berharap agar para peserta dapat berhasil sehingga tingkat kelulusan nantinya diharapkan bisa signifikan dari Ujian Profesi Advokat tahun lalu.

"Agar kebutuhan serta dapat terangkatnya calon-calon Advokat muda di Maluku semakin berkembang seiring dengan tingkat kebutuhan serta akses keadilan masyarakat ke depan," tambah Fahri. (NP)

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!