Sekilas Info

BAHAN MAKANAN

Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Mulai Turun di Pasar Tradisional Kota Ambon

Antara/John Soplanit Lapak bawang di Pasar Mardika, Kota Ambon, Maluku.

satumalukuID - Harga bawang dan cabai di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku,  mulai bergerak turun cukup tajam jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

"Harga bawang merah dan putih sudah turun, dan kami patok merata yakni Rp50.000/kg, jika dibandingkan dengan dua hari yang lalu di mana bawang putih Rp60.000, dan bawang merah Rp55.000/kg," ujar Munir, pedagang Pasar Mardika, Kota Ambon, Minggu (23/2/2020).

Kalau eceran masih tetap sama baik bawang putih maupun bawang merah yakni Rp5.000/kantung plastik kecil.

"Mudah-mudahan harga ini akan terus bertahan, atau ada perubahan turun lagi, mengingat bulan April sudah memasuki bulan puasa," ujarnya.

Harga cabai juga turun dari sebelumnya, di mana harga cabai rawit biasa dipatok Rp30.000, atau turun dari sebelumnya Rp45.000/kg, sedangkan cabai keriting panjang juga turun dari Rp25.000 menjadi Rp20.000/kg.

Abu, pedagang Pasar Mardika, mengharapkan, harga bawang dan cabai  terus bertahan bila perlu turun lagi, sebab kedua bumbu masak ini  harganya tidak pasti, selalu tergantung pasokan dari sentra produksi.

"Kalau pasokan berkurang pasti terjadi perubahan harga, dan pada saat pasokan lancar harga juga ikut berubah," katanya.

Yang pasti harga cabai rawit, cabai keriting dalam kurung waktu satu minggu sudah  berubah harga naik atau turun, begitu juga dengan bumbu masak lain seperti bawang merah maupun bawang putih sekarang ini di pasar Ambon pedagang mematok harga rata-rata Rp50.000/kg.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!