Sekilas Info

LELANG JABATAN

81 Orang Ikut Seleksi untuk 21 Posisi JPT Pratama Pemprov Maluku, 3 Jabatan Tidak Dilelang

Humas Pemprov Maluku Sekda Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID - Sebanyak 81 pejabat di lingkungan Pemprov Maluku dan pemerintah kabupaten kota telah mendaftarkan dirinya di Panitia Seleksi‎ Calon Jabatan Pimpinan Tinggi (JPt) Pratama guna mengisi 21 posisi kepala dinas, asisten Sekda, kepala badan dan kepala biro.

"‎Jumlah pejabat yang sudah ikut mendaftar seleksi terbuka calon JPT Pratama sampai kini telah  mencapai 81 orang," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang ST MT, yang dihubungi media ini, Sabtu (22/2/2020).

‎Menurutnya, pelaksanaan tahapan pengumuman maupun pendaftaran sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yaitu dari tanggal  7 sampai dengan 20 Pebruari 2020.

‎Kasrul menjelaskan, setelah tahap itu, proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama akan dilanjutkan dengan tahapan penelusuran rekam jejak, test kesehatan, test kompetensi teknis, managerial, sosial kultural, dan kompetensi pemerintahan.

Sementara itu, didalam pengumuman Pansel Nomor : 01/PENG/PANSELCPPTP/2020 Tentang Seleksi Terbuka Pengisian Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku, disebutkan bahwa pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 23 Maret 2020.

Kasrul yang belum lama ini baru dilantik sebagai Sekda menambahkan, pihaknya tidak hanya mengakomodir pejabat yang berada di lingkungan Pemprov Maluku saja. Namun juga menyampaikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Maluku untuk bisa menyetujui pejabatnya yang ingin ikut seleksi jabatan di pemprov.

‎"Kami juga menyurat para bupati dan walikota dengan harapan ada putra putri terbaik dari kabupaten kota yang bisa ikut seleksi terbuka ini, supaya bisa mengakomodir juga pejabat dari berbagai daerah dan lainnya," beber Kasrul.

Saat ditanya tentang tidak dilelangnya tiga jabatan yang masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) yang dua diantaranya adalah akademisi dari Universitas Pattimura (Unpatti), yakni jabatan Kadis Pariwisata, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan serta Direktur RSUD Dr Haulussy Ambon, Kasrul menyatakan, Pemprov Maluku masih membutuhkan tenaga mereka.

"‎Jabatan Kadis Pariwisata dan Kadis Pendidikan tidak dilelang karena  Pemerintah Daerah masih membutuhkan tenaga  Prof Dr Max Pattinama sebagai Plt Kadis Pariwisata dan DR Insun Sangadji sebagai Plt. Kadis Pendidikan dari Unpatti," ujarnya.

Sedangkan posisi Plt Direktur RSUD Dr Haulussy Ambon saat ini masih dijabat oleh Dr Rita Tahitu M.Kes.

Dua posisi Kadis Pariwisata dan Kadis Pendidikan ini yang belakangan ini menjadi sorotan luas. Pasalnya, meskipun dijabat oleh Plt berlatar belakang akademis perguruan tinggi, namun spesialisasi keduanya kurang berhubungan dengan tupoksi dua dinas tersebut. Apalagi keduanya merupakan akademisi spesialisasi ilmu Pertanian dan Peternakan.

Namun demikian, catatan media ini, seleksi para pejabat eselon II a dan II b ini tidak termasuk beberapa dinas dan badan yang jabatan pimpinan nya sudah definitif atau masih dijabat pejabat lama seperti. Kadis Kesehatan, Kadis Kehutanan, Kadis Pertanian, Kadis Perhubungan, Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral, Kadis Perdagangan, Kadis Sosial, Kadis Pendapatan Daerah dan lainnya.

21 Jabatan di Pemprov Maluku yang Dilelang:

  1. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku
  2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku
  3. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku
  4. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku.
  5. Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku.
  6. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku.
  7. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Maluku.
  8. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku.
  9. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku.
  10. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku.
  11. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Maluku
  12. Asisten Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Umum Sekda Provinsi Maluku.
  13. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku
  14. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku
  15. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku.
  16. Kepala Biro Umum Setda Provinsi Maluku.
  17. Kepala Biro Administasi Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Maluku.
  18. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Maluku.
  19. Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Provinsi Maluku.
  20. Kepala Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia Setda Provinsi Maluku.
  21. Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Maluku.

(NP)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!