Sekilas Info

SAPA BERLIAN

Pemkot Ambon Canangkan Gerakan Sabtu Pagi Bersihkan Lingkungan

Ist Pencanangan gerakan Sabtu Pagi Bersihkan Lingkungan (Sapa Berlian) bertepatan dengan puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, di kawasan Rumah Tiga Ambon, Jumat (21/2/2020).

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencanangkan gerakan Sabtu Pagi Bersihkan Lingkungan (Sapa Berlian) bertepatan dengan puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020.

"Sapa Berlian mulai hari ini dicanangkan sebagai bentuk keterlibatan seluruh warga kota dalam menjaga kebersihan kota," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Jumat (21/2/2020).

Gerakan ini, katanya, merupakan upaya mendorong dan motivasi masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

"Kami telah berkoordinasi dengan para camat serta lurah, kades dan raja untuk menggerakkan masyarakat membersihkan lingkungan setiap hari Sabtu, sehingga ke depan kami dapat melakukan penanganan sampah," katanya.

Richard menyatakan, program gerakan Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian) yang rutin dilakukan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Ambon sejak 2011, maka di Tahun 2020 gerakan Sapa Berlian dicanangkan agar seluruh masyarakat terlibat bersama untuk membersihkan kota.

Selama ini pihaknya belum melihat partisipasi masyarakat secara maksimal, karena itu diharapkan setiap Sabtu seluruh masyarakat terlibat bersama bersihkan lingkungan.

"Hari Jumat banyak warga yang bekerja, karena itu Sabtu diharapkan seluruh masyarakat berpartisipasi dalam Sapa Berlian yang dimulai dari RT dan RW menggerakan masyarakat, juga tokoh agama menggerakan umat," ujarnya.

Gerakan ini harus berlanjut karena Ambon merupakan Ibu Kota provinis Maluku, karena itu harus menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lain di bidang kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini, lanjutnya, memberikan sebuah harapan akan terjadi perubahan di kota ini.

"Saya mau bilang jangan pernah berhenti untuk terus menggalakkan upaya kebersihan, karena tidak pernah sia-sia dilakukan pemerintah ditunjang masyarakat dan komunitas," kata Richard.

Rangkaian HPSN ditandai dengan aksi bersih sampah di pesisir pantai, penanaman pohon di kawasan Pantai Rumah Tiga.

Selain itu rangkaian kegiatan yang telah dilakukana yakni lomba mural peduli kebersihan, sosialisasi pilah sampah di setiap sekolah dan berbagai kegiatan lain.

Baca Juga

error: Content is protected !!