Sekilas Info

KORBAN HELIKOPTER HILANG

Jenazah Prajurit yang Tewas di Papua, Disambut Aparat TNI dan Brimob di Bandara Pattimura

Foto: Ian Toisutta Tampak jenazah Praka Anumerta Sujiono Kaimudin diantar dibawa keluar dari dalam pesawat menuju mobil ambulance, setelah upacara pelepasan di Bandara Pattimura Ambon, Kota Ambon, Selasa (18/2/2020).

satumalukuID- Jenazah Praka Anumerta Sujiono Kaimudin alias Jono, tiba dengan pesawat Boing-737/AI-7340 milik TNI AU di Bandara Pattimura Ambon, Kota Ambon, Selasa (18/2/2020).

Kedatangan almarhum pada pukul 16.30 WIT ini disambut aparat gabungan TNI dan Brimob Polda Maluku, yang kemudian dilaksanakan upacara militer penyerahan jenazah, dipimpin Komandan Kodim 1504/Ambon, Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi.

Setelah diserahkan kepada pimpinan lapangan, jenazah Jono, anggota Yonif 725/Woroagi Kodam XIV/Hassanudin, Makassar ini kemudian dibawa menggunakan mobil ambulance milik Kesdam XVI/Pattimura.

Jono dibawa iring-iringan ke kampung halamannya, Negeri Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), melaui jalur laut dengan menggunakan Ferry Liang-Waipirit.

Rencananya, almarhum akan dimakamkan di pekuburan Keluarga Besar Patty Iba, Kawasan Benteng, Negeri Iha, Rabu besok (19/2/2020).

"Jenazah akan diantar menuju Pelabuhan Hunimua (Liang-Pulau Ambon) selanjutnya ke Pelabuhan Waipirit (Kairatu-Pulau Seram)," kata Cecep.

Tiba di Waipirit, kata Cecep, jenazah almarhum akan dijemput Dandim Masohi. Di sana, juga akan dilakukan upacara militer yang dikoordinir Dandim Masohi untuk selanjutnya dipulangkan ke rumah duka.

"Direncanakan sesuai informasi dari Kodim Masohi, pemakamannya besok," sebutnya.

Untuk lokasi pemakaman almarhum sendiri, tambah Cecep, akan dikoordinasikan lagi dengan pihak keluarga. Apakah akan dimakamkan di pemakaman keluarga atau di taman makam pahlawan di Iha.

"Nanti dari Kodim Masohi yang akan menyesuaikan sesuai keputusan keluarga," ungkapnya.

Almarhum sendiri, lanjut Cecep, sebelumnya berpangkat Prajurit Satu (Pratu). Dia kemudian dinaikan satu tingkat lebih tinggi yaitu Prajurit Kepala (Praka) Anumerta.

Untuk diketahui, sebelum menerbangkan Praka Sujiono Kaimudin, pesawat Boing-737/AI-7340 milik TNI AU dari Jayapura, mengantarkan Sertu Anumerta Ikrar Setia Nainggolan di Sorong.

Setelah menurunkan Praka Anumerta Sujiono, pesawat kembali terbang menuju Kendari, Sulawessi Tenggara, untuk membawa jenazah almarhum Praka Anumerta Risno dan kemudian menuju Kupang mengantar jenazah almarhum Praka Anumerta Yanuarius Loe.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!