Sekilas Info

OLAHRAGA

Kota Tual Siapkan 16 Miliar Rupiah di APBD untuk Pembangunan Gelanggang Olahraga secara Bertahap

Kantor Walikota Tual

satumalukuID - Pemerintah Kota Tual serius mewujudkan gelanggang olahraga (GOR) di kota tersebut. Mulai tahun 2020 Pemkot Tual mengalokasikan dana sebesar Rp16 miliar di ABPD untuk membangun GOR secara bertahap.

"Untuk pembanguan GOR dengan anggaran sebesar Rp16 miliar ini bakal dibangun secara bertahap dan lokasinya akan berdekatan dengan pembangunan stadion sepak bola," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tual, Abdullah Renyaan di Tual, Senin (17/2/2020).

Penjelasan Abdullah disampaikan dalam pertemuan antara Pemkot Tual yang dipimpin Sekretaris Kota Tual, Achmad Yani Renuat dengan pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Maluku yang diketuai Samson Atapary.

Legislatator yang hadir dalam pertemuan dengan agenda pengawasan Komisi IV DPRD Maluku itu antara lain Ruslan Hurasan, Usama Namakule, Tin Renjaan, Hengky Pelata, dan seluruh anggota lainnya.

Menurut Abddullah, sampai saat ini banyak minat yang dikembangkan pemuda Kota Tual namun mereka tidak bisa mengangkatnya karena minim sarana olahraga seperti lapangan sepak bola.

Ia mengatakan ada juga cabang olahraga andalan lainnya yang digandrungi para pemuda seperti tinju, karate, silat, atau renang sesuai karakter daerah tetapi terkendala, padahal anak-anak Kota Tual di luar daerah punya prestasi baik.

Dinas Pemuda dan Olahraga, katanya, satu rumpun dengan Dinas Pendidikan namun anggaran 20 persen selama ini tidak pernah tersentuh.

"Maka kami minta olahraga yang terkait dengan Olimpiade Sain Nasional (OSN) bidang pendidikan mulai dari pendidikan dasar dan menengah harus dikembalikan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga.," kata Abdullah.

Karena, kata dia, selama ini alokasi anggaran daerah yang 20 persen itu tidak pernah terserap ke Dinas Pemuda dan Olahraga.

Dikatanya bahwa tugas dari Dinas Pemuda dan Olahraga mestinya menciptakan atlet-atlet berprestasi, tetapi selama ini hanya melaksanakan kegiatan olahraga kemasyarakatan seperti senam dan jalan pagi saja.

Karena itulah, katanya, Wali Kota Tual ingin mewujudkan mimpi pemuda di tahun 2020 ini melalui APBD berupa rencana pembangunan lapangan sepak bola dan lapangan olahraga yang berpusat di taman kota.

Untuk itu, kata dia, dimintakan kepada wakil rakyat dari DPRD Provinsi Maluku semoga ada bantuan dan dukungan dana juga dari pemprov untuk pengembangan minat dan olahraga.

"Memang sudah dihibahkan lahan untuk pembangunan stadion tetapi kriterianya harus ada lapangan penunjang yang tahun ini akan diwujudkan dengan membangun GOR," katanya.

Untuk membangun lapangan sepak bola dianggarkan Rp1,2 miliar oleh Pemerintah Kota Tual, sedangkan untuk GOR Rp16 miliar dan nantinya dibangun secara bertahap.

​​​​

Baca Juga

error: Content is protected !!