Sekilas Info

KULINER MALUKU

Kohu Kohu, Makanan Khas Maluku; Empat Sehat Lima Sempurna dalam Satu Piring Makan

Foto ilustrasi Kuliner Maluku, Kohu Kohu.

satumalukuID - Kuliner Maluku tidak selamanya identik dengan papeda. Ada juga Kohu Kohu, makanan dari sayur-sayuran rebus atau kukus yang dicampur dengan kelapa parut berbumbu. Sayuran yang biasa digunakan adalah kacang panjang dan buncis, terkadang ada kangkung dan bayam.

Biasanya, banyak orang menambahkan daun aromatik kemangi sebagai penyedap.

Kohu Kohu dari segi tampilan dan komposisi tak jauh berbeda dengan urap sayur yang berasal dari tanah Jawa. Urap di Jawa terkadang dibubuhi pula suwiran daging ayam. Masakan sejenis urap juga ditemukan di Sumatera Utara yang dikenal sebagai anyang. Sayur yang kerap dipakai adalah daun pakis.

Kohu Kohu menunjukkan kekhasannya sebagai kuliner Maluku. Ada suwiran ikan asar (ikan asap) yang dicampur sebagai bahannya. Juga bisa ikan teri basah, tongkol kukus atau pindang.

Ikan asap ini adalah ikan tongkol atau ikan cakalang yang diasap dengan sabut kelapa sebagai cara pengawetannya. Di Maluku, sayur bercita rasa asam, gurih, dan segar ini biasanya disuguhkan dengan kasbi (singkong rebus/kukus).

Tak hanya nikmat dan sehat, Kohu-Kohu juga diklaim sebagai makanan yang proses pembuatannya simpel dan mudah.
Sayuran ada di mana-mana, untuk ikan cuma teri atau tongkol saja yang banyak jual juga di pasaran.

Kohu Kohu sendiri terdiri dari berbagai jenis sayuran yang diklaim kaya akan serat dan vitamin. Sedangkan ikan tongkol, kaya akan omega 3.

Sebelum disantap, kohu-kohu terlebih dahulu diberi perasan air jeruk lemon cui agar ada rasa asam segar yang khas.

Agar lebih menarik, dan lebih khas Maluku, baiknya menyantap Kohu-Kohu bersama singkong atau ubi yang direbus.

Tak hanya nikmat, kohu-kohu ini lengkap akan nutrisi dan bisa menjadi rujukan empat sehat lima sempuran dalam satu piring makan anda.

Masyarakat Ambon menjadikan kohu-kohu sebagai makanan sehari-hari. Baik itu dikonsumsi dikonsumsi sekeluarga atau untuk acara adat, perayaan hari besar seperti pesta pernikahan atau syukuran. (*)

Penulis: Alda Kezia
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!