Sekilas Info

DUGAAN BERAS PLASTIK

Diduga Beras Plastik Ditemukan Warga Kota Masohi, Ini Kata BPOM Ambon

satumalukuID- Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, Hariani, meminta masyarakat untuk tidak cepat terpengaruh dengan berita terkait adanya dugaan beras plastik yang ditemukan beredar.

Untuk diketahui, warga menemukan beras yang diduga plastik beredar di Pasar Binaiya, Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Minggu (16/2/2020). Kasus itu langsung dilaporkan ke Polres Malteng.

Pelapornya adalah Bahrun Kalau, Asisten I Setda Malteng, merangkap Plt Kadis Perdagangan dan Perindustrian, serta Abdul Asis Tuasikal, Kepala Seksi Distribusi Pasar Disperindag Kabupaten Malteng.

“Laporan resmi belum kita terima. Namun kita akan koordinasikan dengan Bulog besok,” kata Hariani yang dikonfirmasi malam ini.

Warga diminta untuk jangan lekas percaya. Sebab, tambah Hariani, pihaknya pada beberapa waktu lalu juga menemukan dua (2) kejadian serupa dengan jenis beras yang berbeda.

“Dan sudah dilakukan konfirmasi ke pelapor dan penjual oleh Satgas Pangan Maluku, jika berita itu tidak benar,” katanya.

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama untuk mencerdaskan konsumen agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum tentu benar.

“Namun akan tetap kita koordinasikan dengan berbagai pihak terkait, khususnya di daerah sumber berita,” katanya.

Untuk diketahui, penemuan beras yang diduga plastik berawal ketika Darmila Patty (32), karyawan Minimarket Riyanti mengambil tiga gelas beras yang dibeli teman kerjanya untuk dimasak.

Saksi memasak nasi di rumah kebun milik Zainudin Ali, pemilik Minimarket yang berada di Negeri Haruru, Kecamatan Amahai untuk makanan ternak. Saat memasak dengan cara dikukus, beras tersebut tidak lunak. Saksi yang heran kembali menambahkan air, namun tetap tidak lunak.

“Saksi kemudian mengangkatnya dan menaruh pada tempat nasi. Dia melaporkan kepada pemilik Minimarket. Selanjutnya Zainudin Ali langsung mencoba dengan cara mengunyah, namun nasi tersebut terasa kenyal,” ungkapnya.

Tak sampai disitu saja, pemilik minimarket kembali menguji nasi itu dengan cara meremasnya hingga menjadi sebuah bola. Dia kemudian membantingnya ke tanah dan tampak memantul ke atas seperti bola karet.

“Karena kecurigaan tersebut saksi langsung melaporkan kepada Bahrun Kalau, untuk ditelusuri dan dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti,” jelasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!