Sekilas Info

TANDA PERPISAHAN

Naik Panser, Irjen Royke Lumowa Dilepas Pasukan Kodam Pattimura di Markas Yonif 733/Raider

satumalukuID – Masih ada cerita indah penuh kenangan tentang Irjen Pol Royke Lumowa, Kapolda Maluku yang baru saja mengakhiri tugas di Negeri Raja Raja (Provinsi Maluku), Jumat (14/2/2020),

Sejak berdirinya Polda Maluku dan Kodam Pattimura, baru kali ini, ada seorang mantan Kapolda dilepas secara khusus oleh Pangdam Pattimura bersama pasukannya di markas Batalyon Infanteri 733/Raider, Waiheru, Ambon.

Jenderal flamboyan asal Sulawesi Utara itu beserta istri dipersilakan menaiki panser Anoa kemudian menyusuri markas Yonif 733.

Sepanjang jalan, berjejer pasukan TNI yang memberi hormat kepada Irjen Royke dan istri. Selain hormat, mereka menyanyi bertepuk tangan sebagai apresiasi sekaligus melepas kepergian jenderal bintang dua yang kini menjabat Kapolda Sulawesi Utara itu.

Tak hanya pasukan TNI yang berderet dan memberi hormat sepanjang jalan, pelepasan jenderal polisi kelahiran Makassar itu juga dilepas dengan musik dari pasukan drumband Kodam Pattimura.

Irjen Royke tampak terharu melihat apresiasi yang diberikan Pangdam Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dan pasukannya. Dari atas panser, Irjen Royke membuat tanda hati dan sesekali menaruh tangan di dada sebagai ungkapan terima kasih yang mendalam kepada para prajurit TNI.

Tampak, Irjen Royke juga melambaikan tangan kepada para prajurit sebagai tanda berpamitan.

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq memang sengaja memberikan kesan mendalam sebagai ungkapan terima kasih atas kepemimpinan Kapolda Royke yang telah membuat sinergitas TNI – Polri di Maluku begitu kuat.

“Apa yang terjadi saat ini merupakan ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Irjen Royke Lumowa,” kata Pangdam usai acara pelepasan.

Menurut Pangdam Pattimura, selama memimpin Polda Maluku lebih dari satu tahun, Irjen Royke menunjukkan sikap yang simpatik. Terlebih dalam merajut kebersamaan dan sinergitas dengan TNI maupun Forkopimda lainnya.

“Pak Royke sangat baik dalam memimpin Polda Maluku. Beliau humble, tetapi juga tegas, sehingga kalau ada pelanggaran-pelanggaran kita secara bersama-sama mengatasinya sehingga tidak melebar,” ungkap Pangdam.

Pangdam mengaku sangat terkesan dengan kepemimpinan Irjen Royke sehingga sinergitas TNI – Polri terus terjaga sampai akhir masa tugasnya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan benar saya merasakan kepemimpinan beliau. Beliau meninggalkan kebersamaan dengan bersepeda, jadi kami yang tinggal saat ini akan melanjutkan dengan bersepeda,” timpal Panglima.

Sebelum dilepas pasukan Kodam Pattimura, Irjen Royke Lumowa menghadiri parade perpisahan dan penyambutan Kapolda Maluku yang baru di Lapangan Upacara  Polda Maluku, Tantui, Ambon.

Dia juga menyempatkan waktu mengucapkan terima kasih sekaligus pamit kepada umat Islam Maluku di Masjid Raya Alfatah, Ambon.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!