Sekilas Info

BUDAYA MALUKU

Tari Cakalele Mewarnai Kunjungan kerja Gubernur Maluku di Seram Bagian Timur

Foto: Humas Pemkab SBT Tari Cakalele Mewarnai Kunjungan Kerja Gubernur Maluku di Seram Bagian Timur

satumalukuID – Tarian Cakalele yang merupakan tarian khas orang Maluku, mewarnai kunjungan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Ny Widya Murad Ismail di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Tarian Cakalele merupakan bagian dari budaya Orang Maluku. Tarian ini merupakan jenis tarian perang yang bersenjatakan tombak dan salawaku.

Biasanya Tari Cakalele biasa ditampilkan dalam ritual adat negeri-negeri di Maluku dan untuk menyambut kedatangan tamu penting.

Dalam kunjungan ke Seram Bagian Timur, Gubernur Murad diagendakan melakukan sejumlah kegiatan.

Gubernur dan istri juga menyerahkan bantuan dana BUMDes, sertifikat dan bantuan rumah layak huni, alat pertanian dan bantuan pembangunan rumah ibadah. Selain itu, meresmikan sejumlah proyek pemerintah yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Proyek-proyek itu adalah tiga proyek jembatan di ruas Jalan Nasional Trans Seram yakni Jembatan Wai Artafela (Kecamatan Kiandarat), Jembatan Tatalas (Kecamatan Pulau Gorom), dan Jembatan Wai Suru (Kecamatan Siritaun Wida Timur).

Selain tiga jembatan itu, ada juga proyek Sarana dan Prasarana Air Baku di Negeri Miran Raya, Kecamatan Pulau Gorom, dan Progam Pamsimas III yakni penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat untuk 26 desa yang tersebar di Kecamatan Wakate, Gorom Timur, Pulau Gorom, Tutuktolu, Siwalalat, Kian Darat, dan Kecamatan Seram Timur.

Ikut dalam rombongan Gubernur dan istri, Ketua DPRD Provinsi Maluku, dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Maluku.

Penulis: M-15
Editor:REDAKSI

Baca Juga

error: Content is protected !!