Sekilas Info

TUKAR GULING

Jika Revitalisasi Benteng Victoria Terlaksana, Balai Kota Ambon Pindah ke Bekas Makodam Pattimura

Foto: Humas Pemkot Ambon Walikota Richard Louhenapessy dan Tim Pokja Revitalisasi Benteng Victoria menemui Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin dan Komisi I DPR, Selasa (11/2/2020).

satumalukuID – Kantor Walikota Ambon (Balai Kota) akan dipindahkan ke Makodam Pattimura, jika revitalisasi Benteng Nieuw Victoria sebagai cagar budaya terealisasi.

Wacana pemindahan Balai Kota dikemukakan Walikota Richard Lohenapessy saat berbincang dengan wartawan di ajang Hari Pers Nasional, Jumat (7/2/2020).

Menurut Walikota, seiring berkembangnya Kota Ambon, saat ini Balai Kota sudah terasa kecil untuk operasioaml pemerintahan Kota. Makanya, kalau revitalisasi Benteng Victoria terlaksana, maka Markas Kodam Pattimura akan digunakan menjadi Balai Kota.

Saat ini, Tim Kerja Revitalisasi Benteng Victoria yang terdiri dari unsur Pemkot dan Kodam sudah memilih lokasi untuk Makodam Pattimura di Negeri Tawiri, Kota Ambon.

Dia juga memastikan, Bappenas sudah bersedia membantu memasukkan rencana alih fungsi Benteng Victoria ke perubahan RPJMN 2020 – 2024. Karena itu, saat ini, Walikota dan Tim Pokja sedang road show menemui pihak-pihak yang terkait dengan rencana dimaksud.

Selasa (11/2/2020), Walikota dan Tim Pokja Revitalisasi Benteng Victoria menemui Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin dan Komisi I DPR.

Dalam pertemuan tersebut, Walikota didampingi Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Gerald Mailoa, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, Plt. Kepala Badan Pengelola Kota Ambon, Apries Gaspersz, Sekretaris Bappeda Litbang, Febby Maail. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten Perencanaan Kodam XVI Pattimura, Kepala Sidam Kodam XVI Pattimura serta Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon Letkol Kav Cecep Tendi Sutandi bersama staf.

Saat pertemuan dengan Wakil Ketua DPR RI, Walikota Ambon menjelaskan tentang Revitalisasi Benteng Victoria dan Relokasi Makodam XVI Pattimura yang sudah berjalan sejak tahun 2016. “Pada tahun 2015 lalu, Pemerintah Kota telah berdiskusi dengan pihak Kodam, dan pihak Kodam menyetujui rencana tersebut,” kata Walikota.

“Pertemuan kemarin dengan KASAD, KASAD TNI-AD menyatakan kesediaannya untuk segera menyerahkan Benteng Victoria kepada Pemerintah Kota Ambon. Dan bentuk penyerahannya dalam bentuk reslah/penukaran. Jadi Pemkot menyiapkan lahan untuk di survei, dan telah disepakati bersama untuk Benteng Victoria akan diserahkan kepada Pemkot untuk pengelolaannya,” jelasnya di sela-sela pertemuan.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Samsudin setelah mendengarkan penjelasan Walikota Ambon, mengungkapkan, jika telah mendapat persetujuan dari KASAD TNI, maka DPR RI akan mendorong baik melalui rapat-rapat komisi maupun anggaran untuk mendukung proses tersebut.

Usai bertemu Wakil Ketua DPR RI, Walikota dan Tim kemudian menemui Komisi I DPR RI. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Nusantara II, tepatnya di ruang rapat Komisi I DPR RI.

Dalam pertemuan rersebut, rombongan Walikota Ambon diterima oleh Wakil Ketua Komisi I, Abdul Azis bersama dua anggota komisi lainnya, yakni Ilhaam Pangestu dan Jan Hernandes.

Setelah menjelaskan, Wakil Ketua Komisi I menegaskan baahwa Komisi I mendukung penuh rencana Pemerintah Kota Ambon.

Menurutnya, Benteng Victoria merupakan salah satu Cagar Budaya Nasional yang harus dijaga dan diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. “Pada prinsipnya kita setuju dengan rencana tersebut, namun kami berharap tidak hanya kepada kami, Pemkot Ambon juga harus melakukan audiens dengan Komisi X yang membidangi budaya dan Komisi XI yang membidangi anggaran, agar kita bisa sama-sama mendorong dalam rapat-rapat,” kata Wakil Ketua.

Ditambahkan, rencana revitalisasi dan relokasi dimaksud akan membutuhkan anggaran yang cukup besar, karena itu butuh upaya yang ekstra agar bisa terakomodir dalam APBN. “Namun dibalik semua itu, kami dari Komisi I DPR RI memberikan apresiasi

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!