Sekilas Info

KRISIS AIR BERSIH

DPRD Kota Ambon Berjanji akan Bersama Pihak Terkait Atasi Krisis Air Bersih

satumalukuID- Mengatasi permasalahan krisis air bersih yang disebabkan menipisnya sumber air akibat musim kemarau, DPRD Kota Ambon berjanji akan bangun koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jafry Taihuttu mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan misalnya balai sungai, atau anggota DPR RI. Di mana, program DPR terkait air dalam akan dikabulkan Pemerintah Kota Ambon.

"Nanti pak Wali ketuk palu terhadap program mereka yaitu air dalam. Tanyalah ke PT DreAm Sukses Airindo (DSA), ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), mana sih kebutuhan warga Kota Ambon soal air bersih," kata dia kepada wartawan usai rapat bersama PDAM di Gedung DPRD Kota Ambon, Selasa (11/2/2020).

Taihuttu mengatakan, dalam pertemuannya, Plt Direktur PDAM Ambon, Apong Tetelepta, diminta untuk bersama-sama berkoordinasi dengan balai sungai atau anggota DPR RI. Ini agar dapat memakai sumur-sumur yang dibuat oleh mereka namun tidak dioperasikan, sebagai salah satu sumber air.

"Walaupun pengerjaan proyeknya adalah balai sungai. Walaupun proyeknya adalah aspirasi dari DPR RI, tapi yang penting sumber air itu. Karena DSA terbatas," kata Taihuttu.

Sumber Air Dalam, tambah Taihuttu, membutuhkan kos atau anggaran yang sangat besar.

"Kami ingin dorong ke pak Apong, bisa nggak kita buat peraturan daerah tentang daerah resapan air, supaya terjaga," terangnya.

Jika peraturan daerah dibuat, maka, tugas besar dinas pertanian misalnya atau yang sebangsanya dinas kehutanan, bukan lagi berorientasi profit.

"Kalau di Buru orang jual kayu dapat duit, kita nggak bisa, kita mesti administrasi, reboisasi," katanya.

DPRD, lanjut dia, akan mendukung semua kegiatan yang dibuat DSA untuk mencari sumber yang baru. Ini agar bisa menjawab krisis air bersih tersebut.

"Karena krisis air bukan soal jaringan tapi karena sumber air yang semakin menurun," ujarnya.

DPRD Ambon, tambah Taihuttu, juga akan mendorong dan membicarakan bersama dengan Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Balai Sungai dan teman-teman DPR RI.

"Ini agar dapat mengajak DSA dan PDAM bersama supaya menemukan sumber air yang baru. Mungkin hight kos juga tapi kenapa tidak kalau hanya untuk menjawab kebutuhan masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!