Sekilas Info

PARIWISATA

BI Maluku Sinergi Kembangkan Objek Wisata Pantai Hukurila, Event Wisata Bantu Pertumbuhan Ekonomi

Pantai Hukurila di Selatan Pulau Ambon yang memiliki spot wisata bahari luar biasa.

satumalukuID - Bank Indonesia Provinsi Maluku melihat peluang sektor pariwisata di Kota Ambon bisa menjadi salah satu sumber investasi yang menarik dan potensial untuk menopang pertumbuhan ekonomi Maluku yang lebih tinggi.

Karena itu, KPw BI Maluku bersinergi dengan Pemkot Ambon untuk mengembangkan objek wisata di Pantai Hukurila.

Kepala Kantor Wilayah (KPw) Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang menjelaskan keyakinan pada sektor pariwisata sebagai modal pendorong tumbuhnya ekonomi di Maluku didasarkan atas evaluasi pada tahun 2019 lalu.

Dalam catatan BI Maluku, berbagai event yang dilaksanakan untuk mendukung Ambon sebagai Kota Musik pada tahun 2019 lalu, menjadi salah satu pendorong aktivitas perdagangan sehingga membantu pertumbuhan ekonomi Maluku.

Selain itu, Kinerja investasi Maluku juga ditopang oleh banyaknya aktivitas baru gerai minimarket modern di Kota Ambon seperti Indomaret dan Alfamidi.

WISATA PANTAI HUKURILA

Pilihan BI Maluku bersinergi mengembangkan potensi wisata di Pantai Hukurila bisa dimaklumi karena Pantai Hukurila di Pulau Ambon memiliki potensi wisata laut yang luar biasa. Salah satu yang paling terkenal dari Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan Ambon adalah gua laut.

Gua-gua bawah laut Pantai Negeri Hukurila memiliki keindahan terumbu karangnya yang cantik-cantik dan berwarna-warni. Gua bawah laut ini memiliki beberapa pintu masuk dan sejumlah tumpukan batu yang cukup besar.

Dunia bawah laut Hukurila memang terbilang cukup kaya terlihat dari berbagai jenis terumbu karang yang hidup dibawahnya. Salah satu yang paling banyak ditemui adalah terumpu karang jenis Acropora. Jenis terumbu karang ini banyak hidup dikedalaman tiga hingga 15 meter.

Ikan Lions Fish juga menjadi daya tarik dari panorama laut Hukurila. Tak ketinggalan spesies ikan badut atau yang lebih dikenal ikan Nemo juga banyak terlihat bermain di sela-sela soft coral.

Di salah satu spot dive terbentang pintu gua yang “megah” dibawah laut. Tepatnya dikedalaman sekitar 10-15 meter anda akan dibuat takjub dengan hamparan soft coral yang indah dan kumpulan schooling fish –gerombolan ikan yang berenang kearah yang sama menambah keindahan Gua Hukurila.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!