Sekilas Info

PUTERI MALUKU 2020

Pencegahan Stunting Jadi Modal Yoan Clara Teken Berlaga di Ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020

Yoan Clara Teken

satumalukuID - Yoan Clara Teken, wakil Provinsi Maluku di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020, mengandalkan program pencegahan stunting sebagai modal untuk menjajal ajang bergengsi itu.

Dokter muda lulusan Rusia ini, baru saja memposting video singkat di akun Instagram miliknya tentang pesan pentingnya pencegahan stunting. Dalam video pendek itu dia menjelaskan bagaimana mengetahui, mencegah dan mengatasi terjadinya stunting.

Memang setelah menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Sechenov, Rusia, gadis manis asal Tanimbar ini pulang ke Maluku untuk meneruskan mimpinya. Di Maluku, dia melakukan sejumlah aktivitas, termasuk melayani dan berinteraksi dengan anak-anak.

Bagi Nona Manis yang biasa dikenal degan nama Clara Yokata ini, seorang anak dimanapun mereka dilahirkan memiliki hak yang sama, salah satu diantaranya adalah hak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hak itulah yang harus dipenuhi orang tua dan negara.

“Karena masa depan suatu negara bergantung kepada terciptanya generasi yang kuat secara fisik dan mental,” ujarnya putri pasangan Andreas Teken dan Kristina O Yempormasse ini.

Dalam salah satu postingannya di Instagram, Yoan bercerita, banyak orang yang mengatakan dirinya lebih cocok menjadi dokter anak. Seiring berjalannya waktu, setelah menyelesaikan studi kedokteran di Rusia, dia menjadi sadar anak adalah aset negara.

“Itu mindsetnya. Siapapun kita, peduli dengan anak adalah cara tersimple membantu menjaga aset negara. Dalam hal kesehatan, I’m ready to take a part,” tulisnya saat itu.

Peraih gelar Jujaro Ambon 2019 ini, terus mengedukasikan masyarakat Maluku tentang apa itu serta cara pencegahan stunting, lewat sosialisasi di berbagai sekolah,
komunitas, puskesmas bahkan desa.

Dengan memberikan time-frame, ia akan kembali dengan program yang disebut follow up, untuk mengontrol sejauh mana efisiensi program sosialisasi, berkunjung kembali
ke beberapa titik yang memang telah di tetapkan sebagai lokasi fokus sejak awal.

Program berikutnya, ia bersama Ny Widya Murad Ismail selaku Duta Parenting Maluku lebih menggencarkan program lintas sektor, tidak hanya dari sisi medis akan tetapi didukung oleh sektor-sektor lainnya.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!