Sekilas Info

MINUMAN TRADISIONAL SOPI

2.400 Liter Minuman Tradisional Maluku dari Seram dan Tenggara Jauh, Ditumpahkan Polsek KPYS Ambon ke Laut

satumalukuID- Aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS), menggelar pemusnahan minuman keras (miras) tradisional jenis Sopi. Miras khas Maluku yang dimusnahkan itu berjumlah 2.400 liter.

Pemusnahan berlangsung di atas dermaga pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Jumat (7/2/2020). Kegiatan itu melibatkan pihak PT. Pelindo IV, Pelabuhan Yos Sudarso, KSOP dan PT. Pelni.

Ribuan liter minuman beralkohol tinggi yang ditemukan saat razia dilakukan ini dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke dalam laut. Sopi-sopi itu disiram dari atas dermaga pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Sebanyak 2.400 liter sopi yang kami musanahkan. Jumlah ini dapat saat kami melakukan sweping di pelabuhan Yos Sudarso, Slamet Riyadi dan Siwabessy Ambon," kata Kapolsek KPYS Ambon AKP. F. Teddy kepada wartawan.

Menurut dia, sopi merupakan minuman mematikan. Banyak peristiwa kriminal terjadi setelah para pelaku mengkonsumsi minuman tersebut.

Tak hanya itu, mantan Kasat Reskrim Polresta Ambon ini mengaku banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara kendaraan bermotor mabuk usai meneguk miras tersebut.

"Ada yang pukul istri, aniaya anak dan ini yang kami sayangkan. Olehnya itu, minuman ini menjadi perhatian kami untuk diberantas," katanya.

Ribuan sopi yang dimusnahkan ini, lanjut Teddy, merupakan hasil sweping sejak akhir penutupan tahun 2019 sampai awal Februari 2020.

"Jadi sopi ini berasal dari beberapa daerah di Maluku. Ada dari Kota Ambon, Pulau Seram sampai Tenggara Jauh (Maluku Tenggara)," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!