Sekilas Info

KESEHATAN

Kalangan Dewan Tengarai Belasan Penderita Kusta di Kec Gorom Timur Belum Ditangani Dinas Kesehatan

satumalukuID - Belasan warga di Dusun Kilimoda, Desa Kotasirih, Kecamatan Gorom Timur, yang menderita penyakit kusta ditengarai belum mendapat penangan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur.

"Di dusun itu terdapat 15 warga penderita penyakit kusta tetapi disayangkan penanganan secara medis oleh pihak dinas belum dilakukan," kata anggota DPRD Provinsi Maluku  Fauzan Alkatiri, Kamis (6/2/2020).

Fauzan yang merupakan wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten SBT itu mengaku telah meminta sejumlah rekannya di Kecamatan Gorom Timur untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan tentang kondisi 15 warga penderita kusta di Dusun Kilmoda.

Sebab, kata dia, Dinkes kabupaten maupun puskesmas terdekat dinilai lamban dalam menangani penyakit menular yang menimpa belasan warga setempat dan dikhawatirkan bisa menulari orang lain.

Anggota DPRD Maluku asal dapil Kabupaten SBT lainnya, Alimudin Kolatlena juga membenarkan adanya informasi belasan warga Dusun Kilmoda menderita penyakit kusta.

Dia mengaku justru mendapatkan informasi ini dari salah satu warga Desa Kotasirih yang selama ini bekerja sebagai petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula, Ibu Kota Kabupaten SBT.

Ia menambahkan bahwa kusta merupakan penyakit yang dapat diobati, namun adanya stigma negatif di masyarakat seringkali menyebabkan munculnya diskriminasi terhadap penderitanya dan sering dikucilkan sehingga perlu ada sosialisasi dari pemerintah.

Sementara itu sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan memastikan Provinsi Maluku belum eliminasi penyakit kusta atau dengan prevalensi lebih dari satu per 10.000 penduduk mengidap penyakit tersebut.

Kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium leprae yang tentunya bisa disembuhkan asal cepat ditemukan dan cepat diobati. Syaratnya adalah ditemukan sedini mungkin dan diobati. Kalau tidak langsung diobati tidak akan cepat sembuh.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!