Sekilas Info

KASUS CURANMOR

Polresta Ambon Bekuk Tiga Pencuri Sepeda Motor, Satu Ditembak Saat Mencoba Kabur

Foto: Ian Toisuta Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor dan satu penadah yang diringkus pihak Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease.

satumalukuID- Tiga orang pemuda, diduga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, berhasil dibekuk. Mereka adalah Arsyad Manuputty, Ilham Syahrul Tunny dan Eksan Lestaluhu.

Dari tiga pelaku itu, Arsyad Manuputty terpaksa ditembak. Timah panas bersarang tepat di betis kaki kanannya saat berusaha kabur dari cengkeraman polisi.

Berhasil dilumpuhkan, polisi kembali menyergap Ilham Syahrul Tunny dan seorang penadah curanmor Eksan Lestaluhu. Tiga pelaku itu telah dipenjara setelah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Mereka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 4e dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara," kata  Kapolresta Pulau Ambon, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, Rabu (5/2/2020).

Polresta Pulau Ambon bersama jajaran, kata Simatupang, kembali berhasil mengungkap 9 lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) kasus curanmor.

"Jadi tiga pelaku ini sudah kami tahan. Yang satu ini (Arsyad) ditembak karena melarikan diri. Dia dibantu temannya itu (Ilham). Sementara yang satu terakhir adalah penadah hasil kejahatan," katanya.

Dari 9 TKP yang terungkap, Simatupang mengaku pihaknya juga berhasil mengamankan 5 unit sepeda motor yang dicuri di berbagai tempat berbeda di Kota Ambon.

Lima kendaraan bermotor hasil kejahatan yang diamankan adalah Yamaha New Blue Core DE 2448. Motor yang sudah dirubah warna dari Kuning ke Merah ini dicuri di Waiheru, Kecamatan Baguala.

Kemudian Yamaha RXK B 3269 BJ dan Yamaha RXK DE 2066 AD. Dua motor ini dibawa kabur dari Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

"Selanjutnya mengamankan motor Yamaha RXK tanpa pelat nomor yang dicuri di Kapaha dan Yamaha Mio di Wara, Kecamatan Sirimau," terangnya.

Simatupang mengatakan, selain 5 motor yang berhasil diamankan, pihaknya kini sedang mengejar 4 motor hasil curian lainnya yang sudah dijual. Motor-motor itu kini berada di salah satu wilayah di Kabupaten Maluku Tengah.

"Ada 4 motor yang saat ini sedang kami usahakan untuk ditarik masuk ke wilayah Kota Ambon. Saat ini ada di Maluku Tengah, di salah satu wilayah," katanya.

Menurutnya, dari tiga pelaku curanmor yang berhasil diringkus tersebut, satu diantaranya yakni berinisial SM kini sedang dalam pengejaran.

"Untuk satu tersangka lain masih kami kejar," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!