Sekilas Info

PEREKONOMIAN

PDRB Provinsi Maluku pada Triwulan IV Tahun 2019 Tumbuh 4,9 Persen

satumalukuID/Istimewa Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Maluku menurun, tidak terlepas dari menurunnya aktivitas ekonomi di Provinsi Maluku sebagai dampak kebijakan PSBB Transisi untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

satumalukuID - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah ini pada triwulan IV tahun 2019 tumbuh 4,73 persen (y-on-y). PDRB adalah jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah.

"Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai kategori jasa pendidikan, 8,44 persen," kata Bidang Neraca Wilayah dan analisis statistik BPS Provinsi Maluku Erhard Hatulesila di Ambon, Rabu (5/2/2020).

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh  komponen PKLNPRT yang tumbuh sebesar  9,14 persen.

Perekonomian Maluku berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan IV-2019 mencapai 12,01 triliun rupiah dan atas harga konstan 2010 mencapai  8,02 triliun rupiah.

Erhard mengatakan, ekonomi Maluku triwulan IV-2019 (c-to-c) tumbuh 5,57 persen. Dari sisi produksi  pertumbuhan didorong hampir semua lapangan usaha  kecuali pertambangan dan penggalian  yang mengalami kontraksi sebesar 3,77 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran didorong  oleh komponen pengeluaran  konsumsi LNPRT yang tumbuh sebesar  8,41 persen.

Struktur PDRB Provinsi Maluku menurut lapangan usaha tas dasar harga berlaku pada triwulan IV-2019 tidak menunjukkan perubahan yang berarti.

"Lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan, lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, dan lapangan usaha perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil dan sepeda motor masih mendominasi PDRB Provinsi Maluku di triwulan IV-2019," ujarnya.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!