Sekilas Info

ADAT DAN BUDAYA

Festival Pela Gandong di Negeri Rutong “Lopurisa Uritalai” Masuk Kalender Event Visit Ambon 2020

Foto: Jacky Manuputty Jujaro-Ngungare negeri Rumahkay "badendang dan menari" menyambut gandong ade, Negeri Rutong saat acara Panas Gandong tahun 2014 lalu di Negeri Rumahkay.

satumalukuID – Festival Pela Gandong di Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, masuk dalam kalender event wisata mensukseskan Visit Ambon 2020. Rencananya event tersebut dilaksanakan pada 18 – 21 Maret 2020 mendatang.

Negeri Rutong (Lopurisa Uritalai) di Pulau Ambon, memiliki hubungan gandong dengan Negeri Rumahkay  di Pulau Seram. Dalam relasi gandong, warga Negeri Rutong merupakan adik dari warga Negeri Rumahkay (Amakele Lorimalahitu).

Awalnya, leluhur mereka merantau meninggalkan Negeri Rumahkay, kemudian menetap dan beranak pinak di pesisir Timur Pulau Ambon yang kini menjadi Negeri Rutong. Hubungan orang basudara antara kedua negeri ini selalu dirawat dengan ritual Panas Gandong.

Nah, Bulan Maret ini, akan digelar Panas Gandong di Negeri Rutong. Sudah pasti ritual-ritual adat dan budaya orang Maluku akan ditampilkan kedua warga negeri basudara itu.

Sebenarnya, baru tahun 2019 lalu, implementasi kekerabatan warga Negeri Rutong dengan Rumahkay terjalin dalam pembangunan Baileo Samalopu Mariri Wai.

Penjabat Negeri Rutong, Paulus Anakotta, saat itu mengatakan, awal januari 2019 negeri Rutong menghubungi gandong kaka untuk meminta bantuan tenaga sensor kayu, setelah itu tiga hari disepakati bantuan sembilan orang tenaga sensor kayu.

Selanjutnya pembangunan Baileo yang sudah diresmikan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, September 2019 lalu, dikerjakan sendiri oleh anak-anak Negeri Rutong dibantu gandong kaka Rumahkay.

Jujaro dan mungare Negeri Rutong mendendangkan lagu orang basudara dalaam acara ritual di tepi pantai saat Panas Gandong tahun 2014 lalu. (Foto: Jacky Manuputty)

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!