Sekilas Info

SOSOK

Brigjen Pol Baharudin Djafar, Calon Kapolda Maluku yang Berlatarbelakang Intel dan Berpenampilan Rapih

Brigjen Pol Baharudin Djafar

satumalukuID - Brigjen Pol Baharudin Djafar, termasuk salah satu Kapolda yang dipromosikan dalam mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Dia yang semula menjadi Kapolda di Sulawesi Barat, sudah pasti akan mengalami kenaikan pangkat menjadi Irjen karena level Polda Maluku lebih tinggi setingkat dibanding Polda Sulawesi Barat.

Lantas siapa sebenarnya Brigjen Pol Baharudin Djafar? Kalau dilihat pada record penugasannya, polisi kelahiran Makassar ini lebih banyak bertugas di bidang intelijen.

Sejak lulus Akpol tahun 1986, dia memulai tugas di Kalimantan Barat. Berbagai jabatan perwira pertama sudah dia emban, termasuk menjadi Kapolsek hingga Kanit Intelkrim di Polda Kalbar.

Seusai dari Kalimantan Barat, Baharuddin bertugas di wilayah Polda Jawa Barat. Masih tetap menggeluti tugas intel, dia juga sempat menjabat sebagai Wakapolres Cilegon Polwil Banten.

Sempat sebentar bertugas di Mabes Polri, Baharudin kemudian melanjutkan tugas kepolisian di Provinsi Sumatera Utara. Dia provinsi ini, karirnya lumayan moncer. Dia dua kali menjabat Kapolres yakni Kapolres Dairi dan Kapolres Tebing Tinggi.

Bahkan karir intelijen sempat membawa dirinya menjabat sebagai Wadir Intelkam Polda Sumut. Kemudian tahun 2008, polisi kelahiran Makassar ini menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumut.

Di kalangan wartawan yang bertugas di Sumatera Utara saat itu, perwira polisi yang sudah cukup kenyang pengalaman itu dikenal sebagai sosok yang tutur sapanya sangat teratur. Dia juga dikenal sebagai perwira yang necis (rapih) saat berpakaian dan sangat menjaga penampilan.

Mungkin karena lama bertugas di intelijen yang terbiasa cepat beradaptasi, selama diriya menjadi Kabid Humas, tak pernah nampak kesan sangar, apalagi sombong. Dia tetap bersahaja dan menjaga tutur sapa secara teratur.

Hal sama berlanjut saat Baharudin yang berpangkat Kombes waktu itu dimutasi dari Medan ke Polda Metro Jaya. Menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya pada tahun 2010, dia tetap terlihat calm. Tutur sapanya juga terjaga.

Meski sebentar saja menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya, namun banyak pemimpin media yang dia kenal dan kawani. Dan itu tadi, semua mempunyai kesan yang sama, bahwa polisi satu ini relatif humble, rapih dan selalu memiliki tutur sapa yang menyejukkan.

Usai menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya, Baharudin bertugas di Divisi Humas Mabes Polri. Dia juga sempat mutasi Polda Sulawesi Selatan dan menjabat sebagai Dirintelkam pada 2013.

Namun lagi-lagi balik ke Jakarta menjalani tugas di lingkungan Mabes Polri hingga menjabat sebagai Karo Paminal Divisi Propam tahun 2016. Karirnya kemudian naik, setelah ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Barat tahun 2017 lalu.

Dan di tahun 2020 ini, Baharudin Djafar dipercaya menjadi Kapolda Maluku.

Tentunya, sebagai polisi dengan background intel dan telah bertugas di berbagai daerah di Indonesia, Brigjen Baharudin Djafar akan memberi warna baru dalam hal kepemimpinan di Polda Maluku.

Style-nya yang calm tentu sedikit berbeda dengan Irjen Royke Lumowa.

Tapi yang pasti, Baharudin Djafar ini bukan kaleng kaleng. Dia adalah salah satu perwira tinggi Polri yang berprestasi. Buktinya, tetap dipercaya menjadi Kapolda dan malah naik pangkat menjadi dua bintang.

Selamat bertugas di Maluku, Jenderal…

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!