Sekilas Info

BAKTI SOSIAL

234 Warga Jalani Operasi Bedah Urologi Tim Dokter Vlissingen; Pasien dari SBB dan Malteng Ikut Juga

Foto: Antara Tim dokter yang terlibat dalam operasi bedah urologi di RSUD Dr Haulussy, Ambon.

satumalukuID - Operasi gratis bedah urologi yang dilakukan tim dokter asal Vlissingen Belanda di RSUD Dr Haulussy Ambon, 4 - 14 Februari 2020, tak hanya melibatkan warga Kota Ambon. Sejumlah pasien asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah (Malteng) juga mendaftar untuk operasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy menjelaskan, dari sebanyak 234 pasien yang terdaftar menjalani operasi, 32 diantaranya merupakan warga dari Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat (SBB). Sisanya adalah warga Kota Ambon.

"Seluruh pasien yang telah terdaftar akan menjalani proses pemeriksaan awal, mengingat tidak semua pasien yang mendaftar akan menjalani proses operasi, " katanya, Selasa (4/1/2020).

Dia mengatakan operasi urologi akan dilaksanakan di RSUD dr M Haulussy Ambon melibatkan dua dokter ahli dari Belanda, dua dokter pendamping dari Makassar dan satu dokter dari RSUD dr M Haulussy, meliputi bedah saluran kemih, prostat, batu ginjal, batu saluran kemih, varikokel, hidrokel, hirospadia dan ktiptokismus.

"Tim dokter sudah tiba di Ambon dan hari ini dimulai proses screening, mana yang bisa dilakukan tindakan operasi karena tidak semua bisa dilayani," katanya.

Dijelaskannya, operasi urologi gratis dan terbuka untuk umum, tetapi untuk warga luar Kota Ambon tidak ditanggung biaya rawat inap di RS.

Tindaklanjut operasi urologi kata Wendy, para pasien akan didampingi dokter Jacky Tuamely dari RSUD dr Haulussy yang dipercaya untuk evaluasi pasien pasca operasi.

"Jadi tetap akan dilakukan pemantauan oleh dokter Jacky dan tim, sehingga bukan hanya menjalani operasi tanpa ada pemeriksaan lanjutan, " tandasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemkot Ambon dan Vlissingen dalam melanjutkan hubungan kerja sama kota kembar (sister city) dalam berbagai bidang.

Operasi urologi maupun katarak dilaksanakan setiap tahun kepada warga Ambon yang kurang mampu.

"Kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk segera mendaftar, untuk mendapatkan layanan operasi, " tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!