Sekilas Info

VISIT AMBON 2020

Program Visit Ambon 2020 Diluncurkan 1 Februari, Puncak Event Wisata Diagendakan Agustus-November

Foto: Aldi Hetharia Suasana Amboina Music Carnival 2019 lalu.

satumalukuID – Pemkot Ambon akan segera me-launching program Visit Ambon 2020 pada 1 Februari 2020 sekaligus dengan kalender event wisata yang akan digelar. Puncak kunjungan wisatawan untuk meramaikan Visit Ambon 2020 dijadwalkan Bulan Agustus sampai November 2020.

"Program dengan menggelar sejumlah kegiatan akan dilaksanakan guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara ke kota Ambon," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Ambon, Rico Hayat. Kamis (30/1/2020).

Launching program Visit Ambon 2020 bersamaan dengan kalender event, pengukuhan "Ambon Tourism Board" dan peresmian ruang terbuka publik akan dilaksanakan di Amahusu Beach.

Rencananya, seluruh elemen musik, seperti paduan suara, paduan suling bambu, tahuri, ukulele dan hawaian.

"Wujud kota musik dunia maka saat peluncuran program akan dihadirkan seluruh elemen musik di kota Ambon,” timpal Rico.

Melalui program ini kata Rico, pihaknya optimis jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kita optimis melalui progam ini kunjungan wisatawan ke kota Ambon semakin meningkat, bukan hanya wisatawan mancanegara juga nusantara," ujarnya.

Saat ini upaya promosi kunjungan wsiata Ambon dilakukan di sejumlah negara terutama kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Kawasan Eropa khususnya Belanda melalui District Nine Five yang merupakan agensi yang mengorganisir pelaksanaan acara tahunan hari Maluku di Kwaku, Amsterdam sejak 2016.

District Nine Five didirikan oleh Ambonwhena Aratuaman dan Yoram Tomatala dengan berfokus pada publik multikultural dan tentu saja dengan sentuhan khas Maluku.

"Sasaran kita wisatawan dari Eropa dan Amerika, tetapi tidak menutup kemungkinan dari negara lain, " katanya

Sebelumnya Walikota saat mengumpulkan para pelaku pariwisata mengatakan, akan banyak Maluku akan pulang kampung saat berlangsungnya Visit Ambon 2020.

Mereka datang tidak hanya untuk menghadiri acara tetapi untuk melihat keluarga dan negeri asal leluhurnya sekaligus berkontribusi untuk membantu Maluku bergerak maju.

Dia juga memprediksi akan banyak diaspora Maluku yang pergi ke pulau-pulau Maluku lainnya seperti Kei, Saparua, Aru, dan Kepulauan Tanimbar.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat bersama para pengurud District Nine Five yang merupakan agensi promosi Visit Ambon 2020 di Negeri Belanda dan Eropa. (Foto: Tifamagazine.com)

Baca Juga

error: Content is protected !!