Sekilas Info

PELATIHAN P3K

Personil TNI AD yang Bertugas di Negeri Waai Maluku Tengah Berikan Pelatihan P3K pada Para Siswa SMP

Foto: Kodam XVI Pattimura Pelatihan P3K yang dilaksanakan personil TNI AD yang bertugas di Pos Negeri Waai, Maluku Tengah, Kamis (30/1/2020).

satumalukuID – Personil Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang bertugas di Negeri Waai, Kabupaten Maluku Tengah membagikan pengetahuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) kepada siswa-siswi SMPN 1 Salahutu, Kamis (30/1/2020).

Komandan Pos (Danpos) Waai Serka Ruly S. mengungkapkan tujuan mengajarkan pengetahuan P3K pada pelajar adalah untuk menghindari cedera yang lebih parah akibat pertolongan pertama yang tidak tepat.

Menurut Danpos Waai, pengetahuan mengenai P3K akan membuat siswa lebih mengerti, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika terjadi cedera atau kecelakaan.

“Dengan demikian, siswa tidak akan sembarangan melakukan hal-hal yang justru malah membahayakan korban. Di samping itu, mengajarkan pengetahuan P3K pada siswa juga dapat melatihnya menjadi lebih mandiri dan berani,” katanya.

Para siswa juga diajarkan untuk segera melapor kepada orang tua, guru, atau orang dewasa lain jika terjadi cedera. “Dengan kerja sama yang baik antara siswa, orang tua, guru, ataupun orang dewasa lain, keselamatan siswa akan lebih terjamin,” tutupnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Salahutu, Bapak Agung Matakupang mengungkapkan materi P3K yang diberikan oleh anggota Pos Waii Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti merupakan materi yang sangat bermanfaat bagi siswa SMPN 1 Salahutu. “Lewat kegiatan tersebut, siswa-siswi mendapat tambahan pengetahuan khususnya materi P3K,” ucapnya.

Sebelumnya, personel Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku bekerjasama dengan Yayasan Al Hijrah Kota Ambon menggelar bakti sosial bertemakan "Bakti Untuk Negeri" di Negeri Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (28/01/2020).

Ahmad Polanunu salah satu tokoh masyarakat setempat menyampaikan ucapan terima kasih atas adanya kegiatan ini.

"Saya mewakili Warga Desa Wakashiu mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Yayasan Al Hijrah Kota Ambon serta partisipasi dukungan tenaga kesehatan dari bapak TNI selaku BKO Negeri Wakasihu Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti. Semoga TNI semakin jaya, profesional dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, serta selalu dicintai rakyat," ungkapnya.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!