Sekilas Info

VIRUS CORONA

Antisipasi Virus Corona, Pengawasan Kedatangan Penumpang di Maluku Dilakukan Lintas Sektoral

Kota Ambon

satumalukuID - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan mengawasi kedatangan penumpang dari luar daerah ke Kota Ambon, baik itu di pelabuhan laut maupun bandara, serta menyiapkan fasilitas untuk pemeriksaan lanjutan penumpang yang diduga sakit.

Demikian salah satu hasil pertemuan antara Sekretaris Daerah Maluku, dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Pariwisata, Kantor Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan pengelola rumah sakit di daerah ini.

"Ini upaya dari Pemerintah Provinsi Maluku menggerakkan instansi lintas sektor untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, yang telah menimbulkan wabah di bagian wilayah China dan menyebar ke sejumlah negara," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Maluku Taurian R. di Ambon, Jumat (31/1/2020), usai rapat koordinasi untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Selain KKP, menurut Tauran, Dinas Kesehatan juga diminta menggiatkan sosialisasi mengenai penularan penyakit akibat infeksi virus, dan RSUD dr. M. Haulussy Ambon menyiapkan ruang isolasi khusus beserta tenaga medis pendukungnya.

Kantor Imigrasi Ambon, juga disebutnya, akan memperketat pengawasan kedatangan warga mancanegara. Sementara Dinas Pariwisata akan menginformasikan kedatangan kapal pesiar ke Pulau Ambon, serta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi akan memantau kondisi pekerja asing yang masuk ke Maluku.

Pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas Direktur RSUD dr. M. Haulussy Ambon Rita Tahitu menjelaskan bahwa pengelola rumah sakit sudah menerima surat edaran untuk meningkatkan kesiapsiagaan guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

"RSUD Haulussy telah membuat alur pelayanan khusus bagi pasien terpapar virus corona," ujarnya.

Mobil ambulans khusus sudah disiapkan untuk mengangkut pasien yang diduga terinfeksi virus corona ke RSUD.

Rita mengatakan bahwa saat ini rumah sakit masih membutuhkan stok alat pelindung diri bagi petugas medis, yang bertugas menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona.

"Dinkes Maluku akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk segera meminta peralatan pelindung diri," pungkasnya.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!